Integrasi dari arah Asia dan arak-arakan awan hujan yang dapat memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada akan potensi hujan sedang hingga lebat pada periode 31 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

"Potensi curah hujan sedang sampai lebat yang bisa meningkat ekstrem pada wilayah tertentu pada periode 31 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Dwikorita menjelaskan potensi cuaca tersebut dipengaruhi oleh dua fenomena, seperti adanya Monsun Asia atau angin yang bertiup dari Asia yang saat ini tengah musim dingin, yang diasosiasikan dengan angin baratan.

Selain itu, diperkuat adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang merupakan fenomena kumpulan awan-awan hujan yang bergerak dari arah timur Afrika di sepanjang khatulistiwa melintasi Samudera Hindia.

"Integrasi dari arah Asia dan arak-arakan awan hujan yang dapat memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan yang tentunya yang mengakibatkan hujan sedang hingga lebat," kata dia.

Baca juga: Pemprov NTT siap siaga antisipasi cuaca ekstrem
Baca juga: Cuaca DKI Jakarta didominasi awan tebal mulai Sabtu pagi hingga malam


Ia merinci wilayah yang berpotensi terjadi hujan pada periode 31 Desember-2 Januari 2024 yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian pada periode 3-6 Januari 2024 berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Lalu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Dwikorita meminta masyarakat untuk waspada dan memperbaharui informasi cuaca terutama yang akan berlibur. Dengan demikian masyarakat dapat memperhitungkan kondisi cuaca dengan perjalanannya.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi diprakirakan alami hujan dapat disertai petir
Baca juga: BMKG: Wilayah Jateng berpotensi hujan pada malam pergantian tahun
Baca juga: BPBD: Waspada cuaca ekstrem di Cianjur & Jabar dalam 3 hari ke depan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023