Perjalanan untuk merawat Joglo dari Kiai Besari yang sudah berusia ratusan tahun, hari ini kita membuka dan melihat-lihat artefak-artefak museum
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran Ndalem Guron Tegalsari yang memamerkan peninggalan-peninggalan Kiai Ageng Besari di Ponorogo, Jawa Timur.

Lokasi bernama Ndalem Guron yang menjadi tempat pameran itu merupakan rumah bersejarah peninggalan Kiai Ageng Besari. Menurutnya, masyarakat bisa mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan jika berkunjung ke lokasi bersejarah tersebut.
 
"Saya mengajak masyarakat luas untuk berkunjung dan belajar. Kami mengistilahkan museum itu waktu yang diubah jadi ruang," kata Anies dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Dalam kunjungan kampanye ke lokasi itu, Anies pun berkeliling di pameran tersebut dan melihat artefak-artefak. Selain itu, dia juga menerima cenderamata berbentuk genteng dari pameran itu dan bertemu dengan relawan Anies dan Gus Muhaimin di Ponorogo.
 
Di sisi lain, Anies juga bersyukur bisa merawat joglo peninggalan Kiai Ageng Besari. Adapun di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta, terdapat joglo yang dikabarkan merupakan peninggalan tokoh ulama masa lalu tersebut.
 
"Perjalanan untuk merawat Joglo dari Kiai Besari yang sudah berusia ratusan tahun, hari ini kita membuka dan melihat-lihat artefak-artefak museum," katanya.

Baca juga: Cak Imin sebut petani butuh solar dan pupuk untuk produksi
Baca juga: Prabowo angkut bocah di atas kap mobil saat berkampanye
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Diaspora Indonesia nilai gagasan industri halal Ganjar konkret-teruji
Baca juga: Ketua KPU: Pemilu di Indonesia paling rumit di dunia

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023