apa yang masuk ke tubuh anak-anak, itu tolong diperhatikan
Bone Bolango (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menyerahkan bantuan makanan tambahan bagi 100 orang balita tengkes atau stunting di Kelurahan Oluhuta, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Gorontalo, Sabtu mengatakan paket bantuan yang diserahkan yaitu susu, biskuit dan telur.

"Berbagai program bantuan terus dikucurkan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat, termasuk di dalamnya bantuan untuk anak-anak maupun balita stunting," ucap Merlan.

Menurut Merlan, anak-anak yang terlahir stunting, bisa disembuhkan yang penting adalah komitmen orang tua untuk selalu berniat dan disiplin mengawal mereka, dengan memperhatikan gizi makanan dan asupan protein.

"Jadi apa yang masuk ke tubuh anak-anak, itu tolong diperhatikan dengan baik. Hal ini yang harus dipahami dan dimengerti oleh para orang tua," ujar dia.

Baca juga: Bone Bolango ukur tinggi dan berat anak deteksi tengkes
Baca juga: Bulog serahkan bantuan beras Fortivit pencegahan stunting


Bupati mengungkapkan pemerintah daerah memberikan bantuan tujuannya hanya menambah dan meringankan beban orang tua yang memiliki anak-anak yang tengkes karena tidak semua anak tengkes itu lahir dari keluarga miskin.

"Ada orang tuanya yang berkecukupan, tapi anaknya stunting karena tidak pedulinya orang tua. Tidak pernah ada pendampingan dari sejak ibunya hamil sampai anaknya dilahirkan," ungkap Merlan.

Ia menegaskan, pemerintah, mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan sampai di desa, semua program itu diprioritaskan untuk penurunan angka kemiskinan dan stunting.

"Negara ini sedang giat memerangi stunting dan kemiskinan. Makanya lahirlah program one day one egg (satu hari satu butir telur) untuk anak stunting, dan itu sudah berlaku di seluruh Indonesia, seperti halnya yang dilakukan pemerintah daerah dengan pemberian bantuan ini," kata dia.

Baca juga: Gubernur Gorontalo minta program KKN mampu tekan angka stunting
Baca juga: Menko PMK minta Pemprov Gorontalo percepat penurunan stunting
Baca juga: BKKBN Gorontalo diminat fokus pada penurunan angka sunting

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023