Sejumlah berita unggulan jelang pergantian tahun yang menarik untuk disimak, mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi hujan ringan, hingga rekayasa lalu lintas Jakarta saat malam Tahun Baru 2024. Berikut berita-berita tersebut:

1. Mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan ringan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan mayoritas kota besar di wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Pada 31 Desember 2023, BMKG memprakirakan tinggi gelombang laut umumnya berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter di wilayah Indonesia. Baca selengkapnya di sini.

2. Ini rekayasa lalu lintas Jakarta saat malam Tahun Baru 2024

Direktorat Lalu Lintas Polda memberlakukan rekayasa lalu lintas di DKI Jakarta pada malam bebas kendaraan (car free night) di malam Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12).

Aturan yang akan diberlakukan mulai pukul 18.00-01.00 WIB itu bisa disimak di sini.

3. Menhub: Puncak arus balik Natal dan tahun baru pada 1-2 Januari 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa puncak arus balik periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2024.

Menhub meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk membuka penjualan tiket lebih awal. Baca selengkapnya di sini.

4. Pemerintah tetapkan Pajak Rokok Elektrik berlaku mulai 1 Januari 2024

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pajak Rokok atas Rokok Elektrik (REL) mulai tanggal 1 Januari 2024.

Tujuan diterbitkannya PMK tersebut yaitu sebagai upaya mengendalikan konsumsi rokok oleh masyarakat. Baca selengkapnya di sini.

5. Komisi IX DPR: Kebijakan vaksin COVID-19 berbayar belum tepat

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menyatakan kebijakan vaksin COVID-19 berbayar yang rencananya mulai 1 Januari 2024 belum tepat untuk diberlakukan.

Setidaknya kebijakan menerapkan vaksin berbayar untuk COVID bisa ditunda hingga waktu yang pas. Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023