Jakarta (ANTARA) -
Nelayan yang tergabung dalam Gerakan Nelayan untuk Perubahan (GNP) di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu, dukungan itu dideklarasikan dalam kegiatan yang bertema Tilik Nelayan yang digelar pada Jumat (29/12), di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Lamongan.

Baca juga: Relawan Erick Thohir di Sumut dukung Prabowo-Gibran di Pemilu 2024

Baca juga: Ganjar tidak mempermasalahkan pertemuan Jokowi dengan kepala desa
 
Koordinator Nasional GNP Nanang Q. El-Ghazal menyatakan bahwa hanya pasangan Anies dan Muhaimin yang mengusung visi dan misi perubahan, khususnya terkait visi perubahan dalam tata kelola kelautan dan perikanan di Indonesia.
 
"Dalam dua periode pemerintahan terakhir, kehidupan nelayan tidak tenang. Berbagai kebijakan tentang kelautan dan perikanan dirasakan tidak adil dan tidak memihak nelayan. Wis kapok (sudah jera), nelayan hanya butuh perubahan," kata Nanang.
 
Dukungan itu diwujudkan dalam bentuk penyerahan piagam langsung kepada calon presiden (Capres) Anies Baswedan yang berjudul "Aspirasi Nelayan untuk Perubahan" yang berisi harapan adanya perubahan kebijakan tata kelola kelautan dan perikanan yang disuarakan oleh nelayan.
 
Nanang berharap jika Anies nanti menjadi presiden maka piagam itu akan selalu dibaca dan diingat untuk diwujudkan pemerintah guna menyejahterakan kehidupan nelayan.
 
"Semangat aspirasi nelayan untuk perubahan adalah tentang keberpihakan dan keadilan untuk nelayan, pelaku usaha perikanan dan masyarakat pesisir," kata dia.
 
Ia menambahkan, jaringan GNP saat ini ada di 25 daerah di pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa, Madura, dan Kalimantan serta ditargetkan akan terus bertambah.
 
Jaringan GNP sudah lama bergerak untuk menyuarakan perubahan dan mengampanyekan pasangan AMIN, sehingga optimistis akan unggul di basis nelayan dan masyarakat pesisir, tutur dia.
 
Sementara itu Anies yang hadir langsung dalam deklarasi itu menyatakan menerima dukungan tersebut dengan tangan terbuka dan juga menyatakan rasa terima kasihnya.
 
Dalam sambutannya, Anies berjanji akan terus mendengar aspirasi nelayan dan berjanji untuk meninjau ulang berbagai kebijakan yang tidak berpihak kepada prinsip keadilan.
 
"Harus ada jaminan stabilitas harga ikan, BBM solar untuk nelayan tidak boleh langka, perizinan tidak akan dipersulit lagi, berbagai bantuan dan fasilitas harus berpihak kepada kebutuhan nelayan yang berbeda di setiap kawasan, dan pungutan nelayan yang tidak adil serta memberatkan nelayan harus ditinjau ulang," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023