Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka Jakarta Karnaval (Jakarnaval) Malam Muda Mudi Jakarta Global sekaligus menyapa pengunjung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dalam perayaan malam Tahun Baru 2024.
 
"Halo semua, selamat bergabung di Jakarta. Warga sekalian hari ini kita berkumpul ada di Monas, sepanjang Sudirman dan terakhir di Bundaran HI. Sekali lagi selamat menikmati, selamat Tahun Baru 2024," kata Heru saat memberikan sambutan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu.
 
Heru tiba di Monas sekitar pukul 22.10 WIB menggunakan baju hitam dan jaket berwarna krem. Heru tiba bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan petinggi TNI dan Polri.
 
Dalam sambutannya, Heru berharap Kota Jakarta dapat menjadi kota yang semakin baik dan dicintai oleh masyarakat luas.
 
"Semoga Jakarta semakin dicintai warganya, makin bisa mendapatkan kebaikan warga kita untuk Jakarta, untuk menuju Jakarta menjadi Kota Global. Sukses Jakarta untuk Indonesia," ujar Heru.
 
Tak lama, terompet berbunyi sambil Heru dan Ketua DPRD mengibarkan bendera bertuliskan Jakarnaval pertanda Jakarnaval resmi dibuka. Kemeriahan panggung pembukaan dan Jakarta Karnaval (Jakarnaval) di Monumen Nasional (Monas) ini turut diiringi antusias dari pengunjung.
 
Adapun tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval ini menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.
 
Diketahui, Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat sejak pagi hingga menjelang pergantian Tahun Baru 2024 tembus hingga 127 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
"Data hingga pukul 20.00 tercatat sebanyak 127.605 orang mengunjungi kawasan Monas jelang pergantian tahun," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sarnuri saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Dari 127 ribu pengunjung itu terdiri atas 118 wisatawan mancanegara (wisman) dan 127.487 wisatawan domestik. Jumlah pengunjung dari dalam negeri itu terdiri atas 93.661 pengunjung dewasa dan 33.826 anak-anak.

Baca juga: Monas dipadati 127 ribu orang jelang pergantian tahun

Baca juga: Polisi siapkan jalur evakuasi selama perayaan Tahun Baru 2024

Baca juga: Usai hujan, warga mulai padati Monas rayakan Tahun Baru 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023