Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga yang memadati malam perayaan Tahun Baru 2024 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat tampak antusias menyaksikan pertunjukan tanjidor dan ondel-ondel.
 
Pertunjukan tanjidor dimulai saat menyambut kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan petinggi TNI dan Polri.
 
"Ya senang aja sih liat tanjidor kaya gini, kostumnya bagus, iringan tanjidornya juga enak, hiburannya pas lah ya Jakarta banget," kata salah satu pengunjung di Monas bernama Irma (34) asal Bekasi.
 
Tampak sejumlah warga fokus berfoto dan mengambil video saat pertunjukan tanjidor dimulai. Tak hanya itu, tanjidor terus mengiringi nuansa keramaian di Monas.
 
Selain itu, warga juga antusias menyaksikan pertunjukan ondel-ondel saat Jakarta Karnaval (Jakarnaval) sudah dibuka. Berbagai warna ondel-ondel turut meramaikan Tahun Baru 2024.
 
Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat sejak pagi hingga menjelang pergantian Tahun Baru 2024 tembus hingga 127 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
"Data hingga pukul 20.00 tercatat sebanyak 127.605 orang mengunjungi kawasan Monas jelang pergantian tahun," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sarnuri saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Dari 127 ribu pengunjung itu terdiri atas 118 wisatawan mancanegara (wisman) dan 127.487 wisatawan domestik. Jumlah pengunjung dari dalam negeri itu terdiri atas 93.661 pengunjung dewasa dan 33.826 anak-anak.
 
Adapun tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval ini menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Baca juga: DPRD DKI berharap 2024 jadi tahun politik yang aman dan damai

Baca juga: Pj Gubernur DKI buka Jakarta Karnaval dan sapa pengunjung di Monas

Baca juga: Monas dipadati 127 ribu orang jelang pergantian tahun

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024