Jakarta (ANTARA) - DPRD Provinsi DKI Jakarta berharap tahun 2024 seluruh wilayah khususnya DKI Jakarta menjadi tahun politik yang aman dan damai dalam menghadapi tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Alhamdulillah hari ini kita melepaskan tahun 2023 menuju tahun 2024, semoga tahun 2024 di tahun politik ini tidak terjadi apa-apa khususnya di DKI Jakarta, semoga semua kondusif," kata Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat memberikan sambutan dalam acara Jakarta Karnaval (Jakarnaval) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu.
 
Dalam kesempatan itu, Prasetyo turut mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono atas segala kebijakan yang sudah dijalankan selama 2023 ini.
 
"Rerima kasih pak Pj Gubernur atas semua kebijakannya, jadi memang banyak sekali permasalahannya, salah satunya masalah banner dan spanduk, nanti setelah selesai ini mohon dibersihkan," ujar Prasetyo.
 
Prasetyo tiba di Monas sekitar pukul 22.10 WIB menggunakan baju hitam. Prasetyo tiba untuk menyapa pengunjung yang datang untuk meramaikan malam Tahun Baru 2024 di kawasan Monas bersama Heru dan petinggi TNI dan Polri.
 
Lalu, Prasetyo bersama dengan Heru turut mengibarkan bendera bertuliskan Jakarnaval pertanda Jakarnaval resmi dibuka. Kemeriahan panggung pembukaan dan Jakarta Karnaval (Jakarnaval) di Monumen Nasional (Monas) ini turut diiringi antusias dari pengunjung.
 
Adapun tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval ini menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.
 
Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat sejak pagi hingga menjelang pergantian Tahun Baru 2024 tembus hingga 127 ribu wisawatan domestik maupun mancanegara.
 
Seluruh pengunjung Monas diimbau tetap menjaga keselamatan pribadi masing-masing dan menjaga keluarga ataupun anak agar tidak terlepas ataupun terpisah dari rombongan, serta tetap menjaga kebersihan.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).
 
Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.
 
Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.
 
Lalu, ke arah barat daya Monas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan yang bernama Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval juga akan menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Baca juga: Pj Gubernur DKI buka Jakarta Karnaval dan sapa pengunjung di Monas

Baca juga: Monas dipadati 127 ribu orang jelang pergantian tahun

Baca juga: Usai hujan, warga mulai padati Monas rayakan Tahun Baru 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023