Menghadapi Barcelona yang telah lekat dengan label klub elite dunia, tentu ada semangat juang ekstra dari pemain timnas Thailand untuk tampil seoptimal mungkin.
Bangkok (ANTARA News) - Lionel Messi dan Neymar dinobatkan sebagai magnet Barcelona di hati pecandu sepak bola Negeri Gajah Putih sebagai jawaban atas pertanyaan, apakah memang dua pemain bintang dapat berkongsi lancar-lancar saja.

Kedua pemain bintang itu membela Barcelona FC manakala menghadapi timnas Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok, pada Rabu, pukul 19.00 WIB. Laga ini akan disiarkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Terdengar suara minor bahwa Barcelona memperoleh onggokan uang dengan melakoni laga tur-pramusim 2013 ke kawasan Asia.

Para pecinta sejati Blaugrana tidak lantas patah arang. Mereka datang berduyun-duyun ke stadion untuk menyambut dan menyaksikan latihan Messi dan Neymar.

Duapuluh empat pemain Barcelona ikut dalam tur-pramusim ke Asia Tenggara, umumnya disesaki oleh sejumlah pemain utama, minus  Puyol, Cuenca, dan Afellay, ditambah dia pemain dari Barcelona-B, yakni Bagnack dan Dongou.

Cristian Tello telah mulai terlihat berlatih bersama rekan-rekannya setelah ia mengalami cedera otot ketika bertanding di Polandia.

Barcelona memasuki awal musim kompetisi ini relatif tanpa hadangan pemain cedera. Sempat tersiar warta bahwa Neymar terdiagnosis mengalami anaemia. Tinggal sekarang menanti keputusan pelatih Gerardo Martino apakah menurunkan atau justru membangkucadangkan pemain Brazil itu.

Pecinta Barcelona di Thailand disebut-sebut mengidolakan Victor Valdes. Bahkan Valdes terus menyabet perhatian sejumlah pemain timnas Thailand.

Pertanyaannya, apakah pemain Barcelona itu dapat tampil maksimal di bawah kubah iklim lembab di Bangkok?

Dani Alves akan menempati posisi bek kanan, sementara posisi bek kiri dipercayakan kepada Jordi Alba. Sementara, bek tengah diberikan kepada siapa? Ini pertanyaan krusia bagi Barcelona.

Harian Mundo Deportivo mangklaim bahwa Barcelona tidak cukup punya dana untuk membeli bek tengah anyar, sementara penutupan jendela transfer tinggal tiga pekan lagi.

Barcelona begitu cepat bergegas meraih Neymar, tetapi ketika mendatangkan bek tengah? Mengapa Barcelona tidak ngotot merayu dan mendapatkan David Luiz?

Barcelona mencanangkan dua opsi menatap masa depan, yakni terus menambah amunisi pemain di lini depan dan mengembangkan pola operan-operan dengan tempo cepat. Siapa yang menjadi pemain pilar di lini pertahanan?

Marc Bartra mulai dicoba di lini belakang ketika Barcelona melawan Lechia Gdansk, hanya saja penampilannya masih belum setenang Mascherano dan Pique. Ini jelas-jelas menjadi tantangan bagi pelatih Martino.

Di lini gelandang, Sergio Busquets masih menjadi pilihan utama, meski pecinta sejati Barcelona ingin menyaksikan duet Cesc Fabregas sdan Andres Iniesta berperan sebagai gelandang.

Di lini depan, Messi pilihan pertama, bersama Neymar, meski tersedia kesempatan menawan menyaksikan penampilan ciamik Pedro. Hanya saja, apakah formasi ini memang benar-benar diperlukan untuk menundukkan timnas Thailand?

Barcelona telah menjaringkan 15 gol, dan tidak kebobolan satu gol pun ketika menjalani dua laga sebelumnya dalam tur-pramusim ke Asia tahun ini. Apakah mesin gol Blaugrana bakal melumat timnas Thailand?

Timnas Thailand  pantang menyerah. Kini Thailand ditangani oleh salah seorang pemain legendaris negeri itu,  Kiatisuk Senamuang. Ini kesempatan baik bagi pelatih itu untuk membuktikan hasil kerjanya. Thailand mampu menang 5-1 dalam laga persahabatan melawan China.

Xavi Hernandez dan Andres Iniesta bakal berduel dengan barisan gelandang Thailand yang dinekal punya kecepatan, yakni Pokkhao Anan, Adul Lahsoh dan Chanathip Songkrasin.

Barisan depan Thailand diperkuat oleh Teerasil Dangda. Pergerakn pemain ini menjadi pekerjaan rumah bagi Valdes.

Tentunya, bagi Martino, laga pra-musim ini tentu ia tidak ingin menyaksikan para pemain inti Barcelona mengalami cedera jelang musim kompetisi 2013/2014.

Prakiraan susunan pemain:

Barcelona:  
Victor Valdes (penjaga gawang), Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Sergio Busquets, Xavi, Andres Iniesta, Pedro, Alexis Sanchez, Lionel Messi.

Pemain cadangan:
Jose Manuel Pinto, Oier Olazabal, Martin Montoya, Marc Bartra, Frank Bagnack, Adriano, Alex Song, Cesc Fabregas, Sergi Roberto, Dani Nieto, Jean Marie Dongou, Neymar

Thailand:
Sinthaweechai Hathairattanakool (penjaga gawang), Narubadin Weerawatnodom, Atit Daosawang, Puttinan Wannasri, Panupong Wongsa, Pairote Sokan, Chanathip Songkrasin, Pokkhao Anan, Adul Lahsoh, Teerasil Dangda and Adisak Kraisorn.
 
Prediksi tiga besar (Goal.com):

* Thailand 0-7 Barcelona (24,32 persen)
* Thailand 0-8 Barcelona (  9,69 persen)
* Thailand 0-5 Barcelona (  8,74 persen)

Lima laga terakhir:

Thailand
28 Juli 2013    Thailand 0 - Liverpool 3    FRC
15 Juni 2013    China 1 - Thailand 5    FR
22 Maret 2013    Lebanon 5 - Thailand 2    ACQ
17 Maret 2013    Qatar 1 - Thailand 0    FR
21 Feb 2013    Thailand 2 - Faroe Isl. 0    FR

Barcelona
2 Aug 2013    Barcelona 8 - Santos 0    FRC
30 Juli 2013    Lechia Gdansk 2 - Barcelona 2    FRC
27 Juli 2013    Valerenga 0 - Barcelona 7    FRC
24 Juli 2013    Bayern 2 - Barcelona 0    FRC
 1 Juni 2013    Barcelona 4 - Malaga 1    LIGA

Narasi prediksi:

* Menghadapi Barcelona yang telah lekat dengan label klub elite dunia, tentu ada semangat juang ekstra dari pemain timnas Thailand untuk tampil seoptimal mungkin.
* Hasil imbang, menang, atau kalah boleh jadi "tidak jadi soal" bagi para pemain timnas Thailand. Para pemain dari negeri Gajah Putih itu senantiasa akan mengenang, bahwa "kami pemain pernah melawan Barcelona, pernah melawan Lionel Messi, dan Neymar". Kenangan inilah yang terukir sepanjang akhir hayat bagi para pemain Thailand.
* Meskipun ini hanya laga persahabatan, seluruh punggawa timnas Thailand berkesempatan menarik perhatian dunia dengan menyajikan taktik menawan ketika melawan Barcelona.
* Laga persahabatan ini relatif menguras energi para pemain Barcelona karena kelembaban udara Bangkok.

Prediksi hasil laga (editor Antaranews.com):
Thailand: 1
Barcelona: 6  

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013