Jakarta (ANTARA) - Kompetisi bola basket Tanah Air Indonesia Basketball Leageu (IBL) 2024 akan tip-off perdana pada tanggal 13 Januari mendatang dengan pembukaan musim di Bali serta diwarnai dengan bertarungnya kembali finalis IBL 2023 di Bandung Jawa Barat.

Bali United Basketball Club akan menjadi tuan rumah sekaligus gim pembuka musim IBL 2024 melawan Amartha Hangtuah Jakarta dalam laga yang akan digelar di GOR Purna Krida Bali pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA.

Pertandingan ini seperti mengulang pembuka musim tahun lalu, di mana Bali dan Hangtuah juga berlaga di hari pertama.

Mengingat format laga kandang dan tandang baru pertama kalinya diterapkan oleh IBL, maka Bali mencatatkan sejarah sebagai tim pertama yang menjadi home team atau menggelar laga kandang, dan Hangtuah menjadi tim pertama yang melaksanakan laga tandang di IBL 2024.

Pada musim lalu, Bali United mengalami kekalahan pertamanya di pembuka musim yaitu kalah 71-75 dari Hangtuah.

Selain gim pembuka yang dilaksanakan di Bali, IBL musim 2024 juga akan menghadirkan pertarungan sengit antara finalis IBL 2023 yaitu antara Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta.

Prawira akan menjamu Pelita Jaya di kandangnya, yakni C-Tra Arena pada laga yang akan digelar pukul 20.00 WIB. Ini adalah kali pertama finalis musim lalu bertemu lagi sejak Gim 2 Final IBL 2023.

Sebagai tim juara, nantinya akan ada upacara penghormatan bagi pemenang di pembuka musim. Prawira sudah menyiapkan kejutan untuk para pemain, dan juga fans berat mereka. Meski sebagian besar para pemain sudah pindah klub, dan bahkan kapten tim mereka musim lalu kini berada di kubu lawan.

Pertandingan nanti juga akan menjadi kali pertama bagi mantan kapten tim Prawira M. Reza Fahdani Guntara berhadapan dengan tim lamanya. Reza yang sudah pindah ke Pelita Jaya, akan memulai musim IBL dengan menghadapi mantan timnya.

Prawira tentu berharap bisa mempertahankan poin kandang pertama mereka. Tetapi Pelita Jaya sebaliknya juga ingin membalas sakit hati mereka musim lalu yang mana kalah telak (0-2) dari Prawira di final yang menggunakan sistem best-of-three.

Satu pertandingan lagi di hari pertama IBL 2024 adalah antara Pacific Caesar Surabaya yang akan berhadapan dengan tim baru di IBL, yaitu Rajawali Medan.
Pacific siap memberikan salam perkenalan di liga profesional Indonesia untuk Rajawali di GOR Pacific Surabaya. Laga Pacific kontra Rajawali akan dijadwalkan pada gim kedua yaitu pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: 39 pemain asing ramaikan IBL 2024
Baca juga: Dirut IBL optimistis format kandang-tandang tingkatkan minat basket

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024