Yang naik kendaraan ada kurang lebih 150 ribu sehari. Itu belum orangnya.
Madiun (ANTARA) - Kawasan "Pahlawan Street Center" (PSC) yang ada di Jalan Pahlawan Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim) menjadi jujukan dan dipenuhi wisatawan serta warga yang ingin merayakan momen malam pergantian Tahun Baru 2024.

Pantauan di lokasi, Wali Kota Madiun Maidi bersama Forkopimda pun turut turun ke tempat perayaan untuk sekaligus memantau keamanan dan ketertiban perayaan pergantian tahun tersebut. Ribuan pengunjung memadati kawasan tersebut yang diberlakukan "Car Free Night".

Menurutnya, pergantian tahun harus dijadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi dan mengenang tahun yang sudah berlalu.

"Sukses kita syukuri, yang kurang kita perbaiki. Tahun depan harus dirancang lebih baik dan lebih sukses dari hari ini, sehingga Kota Madiun semakin maju dan banyak dikunjungi," ujar Wali Kota Maidi, Minggu (31/12/2023), di sela malam pergantian tahun baru.

Perubahan di Kota Madiun, katanya, terbukti menyedot wisatawan. Wali Kota menyebut dalam libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini setidaknya ada 150 ribu kendaraan yang masuk ke Kota Madiun. Hal itu terdeteksi dari CCTV yang ada di sejumlah titik di Kota Madiun. Pemantauan itu dilakukan karena objek wisata buatan yang dibangun di Kota Madiun tidak bertiket.

"Yang naik kendaraan ada kurang lebih 150 ribu sehari. Itu belum orangnya. Nanti juga akan kita lihat dari kenaikan sampah dalam dua tiga hari ini seperti apa," kata dia pula.

Adapun, banyaknya kunjungan wisatawan di Kota Madiun tersebut tak lepas dari upaya pembangunan masif yang dilakukan oleh Pemkot Madiun mulai 2020. Pemkot Madiun berhasil mengemas tampilan PSC sebagai ruang terbuka yang menjadi tempat wisata buatan dan jujukan masyarakat.

Di kawasan tersebut Pemkot Madiun menghadirkan replika bangunan ikonik dari beberapa negara berbeda, yakni Patung Merlion, Menara Eiffel, Kakbah, dan yang baru diresmikan adalah Patung Liberty, kincir angin Belanda, dan jam Big Ben.

Masyarakat sudah memadati kawasan PSC Kota Madiun sejak pukul 19.00 WIB. Sejumlah titik parkir yang disediakan, seperti di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kalimantan, Sulawesi, dan Jalan Jawa nampak padat dengan kendaraan pengunjung.

Masyarakat melakukan beragam kegiatan, mulai kulineran, berswafoto, maupun hanya menikmati suasana PSC dan sepanjang Jalan Pahlawan sembari menunggu pesta kembang api di pergantian tahun.

Tak hanya di kawasan PSC, pesta kembang api juga dihadirkan Pemkot Madiun di titik Alun-Alun Kota Madiun. Karenanya, kawasan tersebut juga dipadati warga Kota Madiun yang ingin merayakan momen malam pergantian Tahun Baru 2024.
Baca juga: Realisasi nilai investasi di Kota Madiun pada 2023 lampaui target
Baca juga: Tambah replika ikon dunia, Kota Madiun siap jadi jujukan wisata

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024