Jakarta (ANTARA) - Sebagian warga DKI Jakarta serta daerah lainnya memadati Danau Sunter, Tanjung Priok, dan Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang telah dilengkapi sarana seperti sepeda air maupun peralatan kebugaran untuk mengisi libur awal Tahun Baru 2024.

"Saya dari Lampung, langsung ke sini (Jakarta Utara), tahun baru di sini. Memang niatnya liburan di sini (Danau Sunter) karena murah meriah," kata pengunjung Danau Sunter, Lutvy Putri kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Dia datang ke Jakarta Utara (Jakut) juga hendak mencicipi kuliner khas Betawi seperti kerak telor.

Menurut Lutvy, yang menarik dari Danau Sunter adalah adanya sepeda air yang bisa dinaiki bersama keluarga sambil melihat pemandangan sekeliling yang indah.

Dia mengatakan, Danau Sunter menjadi pilihan destinasi wisata yang kedua di Jakarta, setelah Kota Tua (Taman Sari) yang relatif dekat dengan Jakarta Utara.

"Tadi rencananya mau ke Kota Tua. Tapi tadi macet kan? Jadi langsung ke sini, enggak tahunya di sini ramai. Terus banyak kuliner," kata Lutvy.

Baca juga: Danau Sunter Selatan jadi lokasi bebas kendaraan bermotor terbatas
 
Pengunjung Danau Sunter Lutvy Putri saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Senin (1/12/2023). (ANTARA/Abdu Faisal)
Pengunjung lainnya, Nuryani (40) mengatakan, Danau Sunter menarik dikunjungi karena selain murah juga tersedia sarana wisata berupa sepeda air dengan model bebek-bebekan hingga perahu naga.

Sarana wisata itu kerap diminati keluarga yang hendak berjalan-jalan dengan biaya yang masih terjangkau. Tarif sewa sepeda air model bebek berkisar Rp25 ribu per unit untuk 20 menit (weekend) dan 30 menit (weekdays).

Sedangkan perahu naga dikenakan tarif sewa Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak usia 2 sampai 10 tahun.

Warga asal Duren Sawit, Jakarta Timur, itu mengatakan, di tempatnya pun ada jenis wisata air serupa yaitu Kali Banjir Kanal Timur (BKT). Namun tidak tersedia sepeda air dan perahu naganya.

"Iya, kalau BKT kan enggak ada bebek-bebekan perahu," kata Nuryani.

Baca juga: DKI keruk 24.123 meter kubik lumpur di Waduk Pluit guna cegah banjir
 
Rumah-rumah semi permanen berdiri di tepi Waduk Pluit dengan latar belakang gedung bertingkat di Jakarta Utara, Selasa (14/11/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/tom. 
Sedangkan pengunjung Waduk Pluit, Annisa mengatakan, hal menarik dari tempat wisata itu adalah tersedianya alat kebugaran antara lain "Air Walker", "Seated Bike", "Seat Leg Press", "Seat Body Puller", "Seat Horse Ride" hingga "Stand Weight Lifting".

Selain itu ada banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapak di Taman Waduk Pluit. Mereka menjual berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Alternatif tempat wisata di Jakarta Utara itu juga menyediakan hamparan rumput untuk duduk-duduk saat piknik yang dapat menyemarakkan liburan Tahun Baru 2024 masyarakat Jakarta yang hendak menghabiskan waktu mereka bersama sanak saudara.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024