Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar cuaca wilayah Banten dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada hari ini, sehingga berpotensi menimbulkan bencana alam.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, di Serang, Banten, Selasa, pihaknya mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Serang.
 
Sedangkan Kota Tangerang dan Kota Cilegon, menurutnya, relatif aman dari potensi hujan petir disertai angin kencang.
 
Cuaca pada pagi hari wilayah Banten cerah dan berawan dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dengan kelembapan 60 - 95 persen dan angin bergerak dari arah tenggara hingga timur laut berkecepatan 05-25 kilometer/jam.
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada bagi pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten di pesisir Kabupaten Lebak dan Selat Sunda bagian selatan Banten di pesisir Kabupaten Pandeglang, karena tinggi gelombang antara 1,25 meter sampai 2,50 meter. 

Baca juga: BMKG: Sebagian kota-kota besar di Indonesia cerah berawan hari ini
 
Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni, kata dia, relatif normal dan aman untuk pelaku pelayaran khususnya perahu nelayan, kapal feri, kapal tongkang, kapal pesiar, dan kapal kargo melintasi perairan Selat Sunda bagian utara, karena tinggi gelombang rendah, hanya 1,25 meter.
 
BMKG memprakirakan hujan intensitas ringan dan sedang pada siang hari terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sedangkan, Kota Cilegon dari pagi sampai malam hari cerah berawan.
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Kabupaten Lebak bagian timur dan selatan, juga Kabupaten Pandeglang bagian utara.
 
Begitu juga Kabupaten Serang bagian barat dan Kabupaten Tangerang bagian selatan serta Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Baca juga: BMKG: Curah hujan berpotensi meningkat di NTB pada awal 2024
Baca juga: Kemarin, gempa di Sumedang hingga tsunami di Jepang
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024