Simpatisan dan sukarelawan menggalakkan program sepanduk rakyat.
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) mengatakan bahwa pihaknya mulai menggalang donasi Rp10 ribu per orang untuk mencetak alat peraga kampanye (APK) pasangan calon nomor urut 1.

"Dalam seminggu terakhir ini melalui deputi saksi, sekarang mencoba menggalang donasi Rp10 ribu per orang untuk mencetak APK, khususnya flyer dan baliho," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN Billy David Nerotumilena saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Selasa.

Dengan dana yang terkumpul itu, kata dia, bisa mencetak APK dengan jumlah banyak dan ini merupakan strategi guna menambah sebaran APK di daerah-daerah.

Billy mengakui bahwa pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memang memiliki baliho yang paling sedikit, terutama di daerah-daerah, sehingga sukarelawan dan simpatisan telah menggerakkan program spanduk rakyat.

Menurut dia, spanduk rakyat itu masyarakat dapat membuat spanduk pasangan AMIN menggunakan karung, kain, dan sebagainya yang bertuliskan ajakan untuk memilih pasangan calon nomor urut 1.

"Simpatisan dan sukarelawan menggalakkan program sepanduk rakyat 'kan tidak harus dicetak di percetakan. Akan tetapi, dengan alat-alat seadanya seperti karung bekas dan, kain bekas ditulis tangan menggunakan cat. Kami mendorong untuk diperbanyak," tuturnya.

Selain itu, kata Billy, kampanye melalui media sosial juga secara kontinu untuk menjangkau kalangan pemilih pemula yang memang lebih akrab dengan medsos.

Dalam beberapa hari ini, Calon Presiden RI Anies Baswedan mulai melakukan siaran langsung melalui platform TikTok. Kegiatan ini cukup efektif dalam menggaet pemilih pemula.

Baca juga: Pakar menilai live TikTok cara capres genjot partisipasi pemilih muda
Baca juga: Pemilih jangan sampai terjebak "deepfake"


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024