Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengatakan pasangan capres-cawapres urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berkomitmen untuk meningkatkan peran Indonesia dalam hubungan internasional dan geopolitik dengan mengusung sistem pertahanan 5.0.

"Berperan sentral dalam menata dunia baru kedaulatan NKRI dengan sistem pertahanan 5.0," kata Chico Hakim dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Chico mengatakan visi-misi dan program terkait pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan geopolitik akan disampaikan dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Dia mengatakan Ganjar-Mahfud juga berkomitmen mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

Baca juga: Jelang debat capres kedua, Ganjar sebut isu alutsista hingga PMI

Menurutnya, Ganjar telah mendalami semua topik debat dan tidak ada materi yang dikhususkan.

"Namun, mungkin lebih membahas soal sistem pertahanan yang kekinian, kaitannya dengan siber. Untuk geopolitik dan hubungan internasional mungkin soal hubungan China-AS dan Rusia yang sedang menegang," ujarnya.

Ganjar juga akan menyampaikan gagasan terkait situasi di Gaza dan dampaknya terhadap Indonesia, serta peran apa yang harus diambil Indonesia.

"Kesejahteraan prajurit pastinya adalah salah satu yang utama ketika kita bicara soal pertahanan dan keamanan," tambah Chico.

Baca juga: Ganjar mengaku dapat banyak masukan untuk debat ketiga capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Debat capres dilangsungkan sebanyak tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan calon harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Baca juga: Ganjar ungkap isu yang akan dibahas dalam debat ketiga
Baca juga: Pengamat: Capres perlu jabarkan komitmen kesejahteraan TNI-Polri
Baca juga: Pengamat sarankan debat ketiga bahas rentannya korupsi alpalhankam

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024