Jakarta (ANTARA) -
Kampanye calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 memasuki hari ke-37, Rabu, di mana sejumlah agenda dijalankan sesuai jadwal masing-masing pasangan calon.

Tiga pasangan calon tersebut ialah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3), di mana mereka melanjutkan agenda kampanye secara terpisah di beberapa daerah di Tanah Air.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 dari tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Berikut rangkuman kampanye tiga pasangan calon peserta Pilpres pada hari ke-36 kampanye, Selasa (2/1):


Pasangan Anies-Muhaimin
 
Capres Anies Rasyid Baswedan mengosongkan jadwal untuk beraktivitas, sementara cawapres Muhaimin Iskandar menjemput aspirasi di kawasan Jakarta Utara, Jakarta.

Di tempat itu, ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bersilaturahim dengan nelayan atau masyarakat pesisir dan juga berdialog untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Muhaimin menjanjikan bahan bakar minyak (BBM) gratis untuk nelayan yang masuk kategori miskin.

"Ini aksesnya tentu tidak lagi memakai skema subsidi BBM, tetapi subsidinya melalui data-data kemiskinan, sehingga mereka akan mendapat akses BBM," kata Muhaimin di kampung nelayan, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain menjanjikan BBM gratis, pria yang kerap disapa Cak Imin itu juga berjanji akan mengubah aturan terkait penangkapan ikan terukur yang dinilai belum bisa mensejahterakan nelayan atau masyarakat pesisir.

Dia juga menyoroti penggunaan alat tangkap ikan yang seharusnya tidak boleh dipakai oleh pelaku usaha perikanan yang memiliki modal banyak. Muhaimin mengaku miris karena kondisi tersebut dibiarkan oleh oknum aparat penegak hukum.

"Jadi alat tangkap yang berskala besar dibiarkan oleh aparat, padahal kegiatan itu melanggar, sehingga kami harus membelanya," kata dia.

Oleh karena itu, kata Muhaimin, gagasan perubahan yang diusung Anies-Muhaimin (AMIN) akan mengubah ketimpangan itu semua.
 
Pasangan Prabowo-Gibran
 
Capres Prabowo Subianto mengambil cuti pada hari ke-36 kampanye Pilpres 2024 untuk menghadiri acara di Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa.

Di Probolinggo, sebagaimana informasi yang dihimpun ANTARA, Prabowo dijadwalkan bertemu ikatan alumni dan santri Ponpes Zainul Hasan Genggong di Pajarakan, sekitar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka bekerja seperti biasa di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu kembali bekerja sebagai wali kota Surakarta setelah berkampanye di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Senin (1/1).
 
Pasangan Ganjar-Mahfud
 
Capres Ganjar Pranowo menyapa masyarakat Demak pada hari ke-36 kampanye Pilpres 2024, sementara cawapres Mahfud MD berziarah ke makam Proklamator RI Mohammad Hatta.

Ganjar mengawali kunjungannya di Kabupaten Demak pukul 10.00 WIB dengan meluncurkan program Pemutihan Utang Petani di Selepan Wilalung, Desa Wilalung.

Program pemutihan hutang petani itu menjadi salah satu janji politik Ganjar kepada masyarakat petani. Program tersebut terintegrasi dengan program KTP Sakti yang tujuannya agar pendataan bantuan para petani menjadi lebih jelas dan terarah.

Ganjar juga memahami bahwa subsidi pupuk makin lama makin berkurang. Ia meminta agar para petani tidak secara berlebihan menggunakan pupuk.

"Nah, kalau perlu, kalau perlu nggih, hidupkan kembali KUD (Koperasi Unit Desa). Distribusi pupuk subsidi lewat KUD. Ini mesti mlaku malih, luwe penak, (Ini pasti jalan, lebih enak) oke, Bro?" ujar Ganjar.

Ganjar kemudian mengunjungi Pabrik Mainan JSP di Area Sawah, Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Kunjungan Ganjar ke Demak hari itu diakhiri dengan ziarah ke makam Raden Sultan Fatah di Masjid Agung Demak.

Sementara itu, di tempat berbeda, Mahfud MD berziarah ke makam Wapres pertama RI Mohammad Hatta yang juga dikenal dengan nama Bung Hatta.

Mahfud berziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan, pada pukul 16.00 WIB, Selasa.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024