Jakarta (ANTARA) - Sutradara Steven LaMorte akan kembali mengarahkan film bergenre komedi horor indie berdasarkan karakter Mickey Mouse "Steamboat Willie".
 
Ditulis laman Variety, Selasa (2/1) waktu setempat,  Steven LaMorte akan menyutradarai film komedi horor yang belum diberi judul berdasarkan debut kartun Mickey. Di dalamnya, seekor tikus sadis akan menyiksa sekelompok penumpang kapal feri yang tidak menaruh curiga. Produksi akan dimulai pada musim semi.
 
"'Steamboat Willie' telah membawa kegembiraan bagi generasi ke generasi, namun di balik tampilan luarnya yang ceria terdapat potensi teror yang murni dan tak terbendung,” kata LaMorte dalam siaran persnya.
 
“Ini adalah proyek yang saya impikan, dan saya tidak sabar untuk mengungkap gambaran memutarbalikkan karakter tercinta ini kepada dunia," katanya seiring dengan Mickey Mouse versi 1928 memasuki domain publik pada hari Senin.
 
LaMorte sebelumnya menyutradarai “The Mean One,” sebuah parodi horor dari Grinch.
Dalam sebuah wawancara Ia mengatakan memparodikan karakter yang sudah dikenal masyarakat dalam bentuk narasi berbeda merupakan bentuk kecintaannya terhadap karakter tersebut.
 
“Pembuat film, kita semua adalah anak-anak di kotak pasir. Kami senang mengambilnya dan bermain dengannya dengan cara yang berbeda. Ini bukan keinginan untuk menghancurkan karakter-karakter ini atau menghasilkan uang dengan cepat, tetapi untuk mencintai mereka dan menghormati mereka serta menunjukkan mereka dalam sudut pandang yang baru," kata LaMorte.
 
Hak cipta Disney atas “Steamboat Willie” berakhir pada hari Senin bersamaan dengan haknya atas versi asli Mickey dan Minnie Mouse. Namun Disney masih memegang hak cipta untuk versi karakter yang lebih familiar.
 
Disney mengatakan pihaknya juga akan waspada dalam mempertahankan merek dagangnya. Perusahaan dapat menuntut atas dugaan dukungan atau afiliasi dengan mereknya.
 
“Tentu saja, kami akan terus melindungi hak-hak kami atas versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya-karya lain yang tetap memiliki hak cipta, dan kami akan berupaya melindungi terhadap kebingungan konsumen yang disebabkan oleh penggunaan tidak sah atas Mickey dan karakter ikonik kami lainnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan bulan lalu.
 
LaMorte mengatakan para produser bekerja dengan tim hukum untuk memastikan mereka tetap mematuhi hukum.
 
Dalam film tersebut, karakter tersebut bahkan tidak akan dipanggil “Mickey Mouse”. Sebaliknya, dia akan menggunakan “Steamboat Willie.”
 
"The Mean One” tayang pada tahun 2022 dan meraup sekitar 1 juta dolar AS di bioskop seluruh dunia. Produser film tersebut yaitu LaMorte, Amy Schumacher, dan Martine Melloul, bekerja sama dengan Steven Della Salla dan Michael Leavy, produser “Terrifier 2".
 
Pengumuman ini menyusul perilisan trailer "Mickey's Mouse Trap" pada hari Senin , sebuah film komedi horor domain publik yang disutradarai oleh Jamie Bailey berlatarkan arena hiburan. Dalam siaran persnya, para pembuat film mengatakan mereka belum memiliki tanggal rilis, namun diperkirakan akan dirilis pada bulan Maret.

Baca juga: Rayakan 100 tahun, Disney buat film pendek kumpulkan 543 karakter

Baca juga: Wilio hadirkan koleksi kolaborasi Adidas dan Disney

Baca juga: Disneyland Paris buka, tapi tiada pelukan dari Mickey Mouse

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024