Jakarta (ANTARA) - Shai Gilgeous-Alexander tampil gemilang dengan mencetak 36 poin saat Oklahoma City Thunder menghentikan rentetan enam kemenangan beruntun Boston Celtics, dengan ukiran kemenangan 127-123, Selasa setempat atau Rabu pagi WIB.

Pertandingan sengit antara dua tim papan atas masing-masing wilayah itu berlangsung sesuai ekspektasi, ketika para pemain muda Oklahoma mampu meladeni permainan Celtics yang merupakan pemuncak klasemen Wilayah Timur NBA.

Poin-poin Gilgeous-Alexander didapat dari 14 keberhasilan dari 22 percobaan tembakan. Point guard itu juga menambahi delapan rebound dan enam assist.

Total sebanyak lima pemain Thunder mencatatkan dua digit poin dalam pertandingan yang dimainkan di Paycom Center Oklahoma City tersebut.

Baca juga: Thunder tumbangkan Nuggets, SGA cetak 40 poin

Josh Giddey menambahi 23 poin, sedangkan Jalen Williams membukukan 16 poin, dan Chet Holmgren 14 poin. Pemain cadangan Isaiah Joe juga menyumbang sepuluh poin saat Thunder memperpanjang catatan kemenangan beruntun mereka menjadi lima pertandingan.

"Mereka (Boston) sudah beberapa kali mencapai final wilayah, memenangi banyak pertandingan, dan mereka memiliki rekor terbaik di liga. Kami tahu kami harus bermain maksimal sepanjang pertandingan jika ingin mengalahkan mereka. Terlepas dari seberapa besar keunggulan, kami tahu mereka tidak akan menyerah." kata Gilgeous-Alexander tentang Boston seperti dikutip dari AFP.

Boston unggul 61-58 pada pergantian babak, tetapi arah permainan untuk menguntungkan Oklahoma City setelah kuarter ketiga, ketika mereka mengungguli Celtics 40-25, dengan Gilgeous-Alexander menyumbang 16 poin.

Baca juga: Kalahkan Raptors, Celtics catat 16 menang beruntun di kandang

Oklahoma City semakin dekat dengan kemenangan, dengan memiliki keunggulan 18 poin pada pertengahan kuarter keempat. Namun, Boston mampu bangkit untuk memangkas keunggulan Thunder menjadi hanya dua poin. Sehingga fase akhir pertandingan berlangsung menegangkan.

Gilgeous-Alexander dan Giddey menstabilkan permainan tim tuan rumah pada fase akhir pertandingan. Mereka menghasilkan lemparan bebas kritis di detik-detik terakhir untuk memberikan kemenangan kepada Oklahoma City.

Dengan hasil tersebut, Boston tetap memuncaki Wilayah Timur dengan catatan 26-7 sementara Oklahoma City sekarang hanya tertinggal satu pertandingan dari pemimpin Wilayah Barat, Minnesota Timberwolves, dengan rekor 23-9.

Pada pertandingan lain yang berlangsung pada Selasa, Joel Embiid menandai kembali bermainnya ia setelah absen empat pertandingan dengan mengukir triple-double, saat Philadelphia menang 110-97 atas Chicago Bulls.

Baca juga: Tanpa Joel Embiid, Philadelphia 76ers kalah 105-92 dari Bulls

Itu merupakan triple-double kedua Embiid musim ini, yang terdiri dari 31 poin, 15 rebound, dan sepuluh assist.

"Beberapa hari lalu saya tidak bisa menumpukan berat badan di kaki saya," kata Embiid setelah pertandingan.

"Itulah mengapa saya merasa begitu lelah. Saya tidak bugar. Selama beberapa hari ke depan, saya harus kembali ke lapangan dan mencoba kembali menjadi diri saya sendiri," tambahnya

Di tempat lain, Ja Morant mencetak 26 poin dan Desmond Bane menambahi 24 poin saat Memphis Grizzlies mengalahkan San Antonio Spurs dengan skor 106-98.
Pemain draft nomor satu asal Prancis, Victor Wembanyama, memimpin perolehan poin skor San Antonio dengan 20 poin, sementara Keldon Johnson menambahi 19 sebagai pemain pengganti.

Di New Orleans, Pelicans dengan mudah mengalahkan Brooklyn Nets dengan skor 112-85. Pelicans memimpin memimpin sejak awal hingga akhir laga, untuk memperpanjang rentetan kemenangan beruntun mereka menjadi tiga pertandingan.

Baca juga: Hasil NBA, Lakers kalah lagi dan Celtics tak beri ampun Spurs
Baca juga: LeBron James menginjak 39 tahun, statistiknya tetap sempurna

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024