Jadikan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi diri sebagai pemandu wisata daerah yang handal, tangguh dan profesional
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua meminta 40 pemandu wisata gencarkan promosi Biak sebagai destinasi prioritas pariwisata nasional di Tanah Papua.

"Kami sangat berharap tenaga pemandu wisata dalam melaksanakan pekerjaan menjaga nama baik daerah sebagai destinasi pariwisata nasional," ujar Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra seusai membuka pelatihan pemandu wisata di Biak, Rabu.

Wabup Capvin mengharapkan, pemandu wisata juga harus bersikap ramah dengan wisatawan yang datang mengunjungi Biak Numfor.

Dia berharap, lewat pelatihan pemandu wisata diharapkan dapat lebih memantapkan kemampuan berkomunikasi kepada wisatawan.

Wabup Calvin memberikan apresiasi atas kepedulian program Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor yang menggelar pelatihan pemandu wisata selama empat hari terhitung 3-7 Januari 2024.

"Jadikan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi diri sebagai pemandu wisata daerah yang handal, tangguh dan profesional," kata Wabup Calvin

Wabup mengharapkan berbagai dukungan program pariwisata daerah untuk mewujudkan penguatan kapasitas diri pemandu wisata daerah Biak yang profesionalisme.

Dia optimistis adanya pelatihan pemandu wisata mampu mendatangkan uang bagi penduduk lokal orang asli Papua.

Sementara, panitia penyelenggara pelatihan pemandu wisata Dispar Biak Reinhard Charles menyebut, tujuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan diri menjadi pemandu wisata yang lebih profesional.

Tujuan lain pelatihan ini, menurut Reinhard, untuk membekali anak-anak muda orang asli Papua menekuni pekerjaan pemandu wisata.

"Kemampuan personal peserta pemandu wisata dituntut akan lebih baik setelah selesai pelatihan," kata Reinhard.

Materi pelatihan pemandu wisata sebesar 53 persen untuk praktik dan 47 persen mendengarkan materi narasumber serta diskusi kelompok

Baca juga: Dispar: Taman Mangrove Biak jadi wisata alam unggulan

Baca juga: Pemkab Biak tetapkan pantai Nirmala

Baca juga: Bappenas: Biak Numfor sudah manfaatkan DAK pariwisata dengan baik sebagai dermaga kapal wisata

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024