Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua menetapkan Pantai Nirmala sebagai dermaga khusus kapal wisata (yacth) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

"Dengan adanya tempat sandar khusus kapal wisata, diharapkan mempermudah kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di pulau Biak," ujar Bupati Biak Herry Ario Maap di Biak, Minggu.

Bupati Herry mengaku jajaran Pemkab Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada pengelola hotel Nirmala Beach, karena sudah menyediakan fasilitas kapal wisata.

Baca juga: Kapal wisata MSY Waow terbakar di perairan Biak

Apalagi, kata bupati, pulau Biak Numfo banyak menyimpan beragam potensi ekonomi biru sektor kemaritiman perikanan dan pariwisata alam laut dan pantai yang alami dan indah.

"Pulau Biak juga menyimpan kekayaan seni budaya daerah khas suku Biak, sehingga potensi pariwisata ini dapat memberikan manfaat untuk warga asli Papua," kata Bupati Herry.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Onny Dangeubun mengakui wisatawan mancanegara banyak menggunakan kapal layar yacth datang untuk mengunjungi pulau Biak menikmati objek wisata alam laut, budaya dan seni daerah khas Papua.

Onny berharap adanya dermaga khusus untuk melayani dan tempat sandar kapal wisatawan bisa memberikan banyak waktu wisatawan untuk mengunjungi Biak.

Baca juga: Peninggalan perang dunia II di Biak potensial jadi tujuan wisata STC

Baca juga: Dispar Biak gandeng komunitas pariwisata promosikan objek wisata


"Saat Sail Teluk Cenderawasih Biak pada 21-27 November 2023, dermaga Nirmala Beach menjadi tempat favorit untuk menikmati matahari tenggelam di waktu senja," ujarnya.

Hingga Minggu (4/12) pukul 13.00 WIT, dermaga khusus perahu layar yacth wisatawan mancanegara menjadi objek wisata warga Biak.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023