Per 1 Januari 2024 bahwa tempat itu merupakan salah satu objek yang dipungut retribusi, maka kami penuhi ketentuan
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengenakan tiket masuk bagi pengunjung di dua kawasan wisata, yakni Kebun Raya Mangorve (KRM) dan "Adventure Land" Romokalisari mulai tahun 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan pemberlakuan retribusi melalui tiket masuk di KRM dan "Adventure Land" Romokalisari menyesuaikan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

"Per 1 Januari 2024 bahwa tempat itu merupakan salah satu objek yang dipungut retribusi, maka kami penuhi ketentuan," kata Antiek kepada ANTARA melalui sambungan telepon di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Pemungutan retribusi kepada pengunjung melalui tiket masuk bertujuan mengembangkan lokasi wisata yang berlokasi di kawasan Surabaya Barat dan Timur itu, khususnya dari segi pelayanan kepada pengunjung.

"Pengembangan kami tetap mengacu pada rencana induk yang sudah ada, jadi secara bertahap ditingkatkan dan supaya bisa lebih ramai," ucapnya.

Selain itu, retribusi DKPP yang masuk juga diperuntukkan untuk memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat dari keluarga miskin (gamis) sesuai arahan dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Baca juga: KBS optimistis jelang malam pergantian tahun tembus 25 ribu pengunjung

Baca juga: Terminal Teluk Lamong optimalkan dermaga domestik


"Salah satu program kami untuk pengentasan gamis adalah dengan memberikan kegiatan yang bisa meningkatkan pendapatan gamis, sehingga diharapkan bisa keluar dari kemiskinan," ujarnya.

Berdasarkan data dari DKPP Kota Surabaya besaran tarif yang ditetapkan di KRM, yakni sebesar Rp10.000 per orang untuk usia dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak dengan ketentuan tinggi badan tak melebihi 100 centimeter.

Sedangkan pada akhir pekan dan libur nasional harga tiket KRM untuk dewasa sebesar Rp15.000 per orang dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak.

Harga tiket khusus pelajar yang ditetapkan sebesar Rp3.000 per orang, namun harus terlebih dahulu diajukan melalui lembaga pendidikan terkait.

Selain itu, syarat lainnya adalah bagi guru dan siswa merupakan warga Kota Surabaya yang dibuktikan dengan KTP, KK atau kartu pelajar.

DKPP juga membuka paket dengan empat kategori berbeda, yakni "platinum" Rp85.000 per orang dan Rp90.000 untuk akhir pekan, dengan fasilitas mobil golf sekali putaran, ATV, perahu, dan sepeda air. Paket "gold" Rp60.000 per orang dan Rp65.000 untuk akhir pekan dengan fasilitas ATV, perahu dan sepeda air.

Kemudian, paket "silver A" atau kategori "air" sebesar Rp45.000 per orang dan Rp50.000 untuk akhir pekan dengan fasilitas perahu dan sepeda air serta "silver B" atau kategori "darat" sebesar Rp55.000 per orang dan Rp60.000 untuk akhir pekan, dengan fasilitas mobil golf sekali putaran dan ATV.

Selanjutnya paket "bronze" biayanya sebesar Rp50.000 per orang dan Rp55.000 untuk akhir pekan dengan fasilitas ATV dan perahu.

Paket rombongan di KRM dipatok sebesar Rp9.000 untuk dewasa dan Rp4.500 untuk anak-anak dengan ketentuan tinggi badan maksimal 100 centimeter. Pada akhir pekan dan libur nasional harga tiket menjadi Rp13.500 untuk ketegori dewasa dan Rp4.500 utnuk anak-anak.

Namun untuk tarif tersebut bisa mendapatkan potong sebesar 10 persen dengan syarat minimal 100 orang dan bisa menunjukkan bukti sebagai anggota rombongan.

Sedangkan tarif retribusi yang dibebankan ke pengunjung "Adventure Land" sebesar Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak dengan ketentuan tinggi badan maksimal 100 centimeter.

Pada akhir pekan dan libur nasional, harga tiket untuk dewasa sebesar Rp15.000 per orang dan Rp10.000 per orang untuk anak-anak.

Sedangkan tiket pelajar Rp3.000 per orang dengan syarat mengajukan tiket melalui instansi, khusus bagi guru dan siswa merupakan warga Kota Surabaya yang dibuktikan dengan KTP, KK atau kartu pelajar.

Baca juga: Bulog menjelaskan kronologi video oknum buruh permainkan beras

Baca juga: Sebanyak 27 ribu wisatawan kunjungi KBS saat libur Natal 2023

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024