Itu juga buat kami, kalau saya pas lagi di Kemenkeu, menjadi masukan untuk melihat berbagai aspek kebijakan
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli yang juga sebagai seorang ekonom, banyak memberikan masukan terkait berbagai aspek kebijakan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
 
"Sebagai ekonom Pak Rizal Ramli banyak sekali memberikan pandangan, pendapat. Itu juga buat kami, kalau saya pas lagi di Kemenkeu, menjadi masukan untuk melihat berbagai aspek kebijakan," kata Sri Mulyani saat ditemui di rumah duka Rizal Ramli, Jakarta Selatan pada Rabu.
 
Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menceritakan momen kenangan terakhir bertemu Rizal saat menghadiri acara peringatan Hari Uang pada tahun 2019.
 
Pada acara tersebut, kenang Sri Mulyani, hadir para mantan Menteri Keuangan, termasuk Rizal yang pernah mengemban amanah tersebut pada 12 Juni sampai 23 Juli 2001.
 
"Pak Rizal Ramli hadir di acara itu dan saya ingat banget komentar pak Rizal Ramli adalah satu, dia mengatakan begini 'Saya itu orangnya pemberani, tapi saya tidak seberani Bu Sri Mulyani untuk pakai sepatu warna hijau stabilo'," terangnya.
 
Mewakili Kemenkeu, Sri Mulyani menyampaikan ungkapan belasungkawa mendalam atas wafatnya ekonom senior tersebut dan mendoakan agar kontribusinya kepada perekonomian Indonesia mendapat balasan dari Tuhan.
 
"Semoga seluruh jasa beliau dalam mengurus, mengomentari, membawa, dan ikut menjaga ekonomi Indonesia merupakan jasa yang diberikan balasan oleh Allah SWT," ucapnya.
 
Diketahui, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024, pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
 
Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu dini hari, pukul 00.52 WIB, menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
 
Sementara itu, di sekitar rumah duka masih dipenuhi para pelayat dan pihak keluarga. Puluhan karangan bunga dari tokoh publik maupun tokoh politik juga berjejer di sekitar rumah duka.
 
Selanjutnya, jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/1).​​


Baca juga: Chatib Basri gurat kenangan bersama mendiang Rizal Ramli
Baca juga: Luhut menghormati Rizal Ramli walau kerap berbeda pandangan
Baca juga: Jokowi: Rizal Ramli aktivis yang kritis dan cinta bangsa

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024