kami percaya dengan kredibilitas lembaga survei
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyatakan belum ada urgensi dibentuknya komite independen untuk mengaudit lembaga survei pada Pilpres 2024.

"Kami melihat sejauh ini belum ada kepanikan, seperti (pasangan calon nomor urut) 3, dan kami percaya dengan kredibilitas lembaga survei," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena, di Jakarta, Rabu.

Billy mengatakan pada Pilpres 2024 banyak lembaga survei yang sedang eksis. Timnas AMIN pun percaya kepada lembaga-lembaga survei yang tetap menjaga kredibilitas, karena jika tidak ada kepercayaan, maka akan ditinggalkan masyarakat.

Menurut dia, ketika lembaga survei itu tidak ada yang memberikan arahan atau agenda setting, maka belum perlu adanya pihak independen untuk mengaudit keberadaan mereka.

"Kalau diusulkan oleh (pasangan calon nomor urut) 3, kami melihat urgensinya belum ada. Kami lebih percayakan kepada masyarakat apakah itu diperlukan atau tidak," tutur Billy.

Baca juga: DEEP minta pendanaan lembaga survei diaudit

Billy mengatakan hal itu guna menanggapi pihak Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mengusulkan adanya komite independen untuk mengaudit lembaga survei.

Billy percaya ketika lembaga survei tidak netral dalam survei yang dilakukan, maka pasti akan merugikan lembaga survei itu sendiri. Sehingga, pihaknya berharap apa yang menjadi keraguan bisa dijawab dengan kredibilitas.
​​​​​​​
"Ketika nanti tidak netral, maka akan merugikan sendiri; kami mempercayai itu. Biarlah penilaian bukan dari kami, tetapi dari masyarakat," ujarnya.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud Md soal hasil survei: Saya tidak resah!
Baca juga: PDIP sebut ada pengondisian lembaga survei bangun narasi satu putaran

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024