Tegal (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memantau kondisi ketenagakerjaan pabrik teh PT Tong Jie Indonesia, dalam kunjungan kerja bersama sejumlah menteri ke Tegal, Jawa Tengah, Rabu.

"PT Tong Tji Tea Indonesia merupakan perusahaan yang sangat spesifik, yaitu memproduksi teh dengan cita rasa khas Indonesia," katanya di Tegal, Rabu.

Presiden Jokowi mengaku senang bisa bertatap muka dengan para karyawan pabrik teh PT Tong Jie Tea Indonesia yang didirikan sejak 1938 itu.

Di hadapan para karyawan pabrik teh PT Tong Jie, Jokowi menceritakan pengalamannya saat bersama Presiden Korea Selatan di sebuah mal di wilayah Bogor, Jawa Barat yang saat itu merasa haus.

"Saya pernah spontan mengajak Presiden Korea Selatan masuk mal di Bogor, kemudian beliau bilang haus lalu saya ketemu outlet Teh Tong Tji dan langsung minum di situ. Teh Tong Jie memang enak," katanya.

Baca juga: Presiden janji seluruh tanah di Tegal bersertifikat tahun 2023

Baca juga: Presiden resmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal


Presiden Direktur PT Tong Tji Tea Tatang Budiono mengatakan pihaknya memiliki sekitar 4 ribu karyawan yang terbagi di berbagai bagian unit kerja.

Bahkan, seluruh karyawan sudah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Untuk kesejahteraan karyawan, selain gaji layak sesuai peraturan, kami juga memberikan makan siang, kepesertaan BPJS, serta pembenahan fasilitas," katanya.

Tatang Budiono menceritakan saat awal memproduksi teh dalam kemasan gelas, sempat dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Namun, produk teh gelas sangat disukai masyarakat Indonesia dan telah menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Selain memproduksi teh serbuk dan teh celup, kami juga mengembangkan produk teh kekinian seperti teh tematik atau teh lima detik dan teh kemasan gelas untuk menyasar generasi milenial," katanya.

Baca juga: Presiden: Jalan Lingkar Brebes-Tegal perlancar arus mudik Lebaran

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024