Kami memberikan apresiasi terhadap petugas di lapangan sehingga arus mudik relatif berjalan lancar,"
Serang (ANTARA News) - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan bahwa pergerakan arus mudik pada lebaran 2013 berjalan lancar tanpa terjadi antrean panjang kendaraan dengan melibatkan berbagai instansi juga siap menghadapi arus balik.

"Kami memberikan apresiasi terhadap petugas di lapangan sehingga arus mudik relatif berjalan lancar," kata Atut Chosiyah, di Serang, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.

Karena itu, pihaknya membentuk koordinasi dengan berbagai instansi terkait, seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP Merak, Dinas Kesehatan, BPBD, PMI dan Satuan Pengamanan (Satpam).

Dengan koordinasi ini, kata dia, arus mudik di Provinsi Banten relatif lancar.

Bahkan, H-2 dan H-1 suasana penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak tampak sepi.

"Saya kira arus mudik lebaran 2013 lebih baik dibanding tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, selama ini arus mudik melalui Terminal Pakupatan, Terminal Terpadu Merak dan Terminal Pandeglang bisa diberangkatkan ke masing-masing tujuan.

Selain itu juga kecelakaan dan kejahatan selama arus mudik tidak menonjol karena pengamanan di tempat-tempat keramaian begitu ketat.

"Kami optimistis pelayanan arus balik ini semakin baik," katanya.

Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan saat ini penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal dan tidak terlihat lonjakan arus balik.

Bahkan, situasi Pelabuhan Merak sepi dari penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan.

Kendaraan di areal parkir Dermaga Pelabuhan Merak hanya beberapa unit saja mengantre untuk diseberangkan ke Bakauheni, Lampung.

Begitu pula arus balik dari Pulau Sumatra yang tiba di Pelabuhan Merak belum terjadi lonjakan.

"Kami prediksikan puncak arus balik mulai Minggu (11/8) karena sejumlah perusahaan, termasuk PNS sudah kembali bekerja," katanya.

(KR-MSR/Y006)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013