Operasional Tol Bangkinang–Koto Kampar sepanjang 24,7 km ditutup kembali pada tanggal 3 Januari 2024 pukul 17.00 WIB
Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) menutup operasional Tol Bangkinang-Koto Kampar mulai 3 Januari 2024 setelah dioperasikan selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sejak 24 Desember 2023.

"Operasional Tol Bangkinang–Koto Kampar sepanjang 24,7 km ditutup kembali
pada tanggal 3 Januari 2024 pukul 17.00 WIB," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, bahwa selama lebih dari sepekan beroperasi, jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat ini telah dilalui sebanyak total 10.918 kendaraan mulai 24 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Itu tanpa adanya keluhan kepadatan dan tidak adanya fatalitas atau kecelakaan.

“Alhamdulillah selama beroperasi, pengguna jalan tol patuh dengan peraturan dan rambu-rambu yang berlaku, diperkirakan pengguna di daerah Riau ini sudah terbiasa dengan adanya tol mengingat sebelumnya Tol Pekanbaru – Dumai dan Pekanbaru – Bangkinang telah terlebih dahulu dioperasikan,” tutur Tjahjo.

Tjahjo menambahkan bahwa untuk tol fungsional lainnya yaitu Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura masih tetap dibuka secara fungsional hingga 10 Januari 2024.

Baca juga: Realisasi fisik konstruksi tol Bangkinang–Pangkalan 94,18 persen

Baca juga: HK operasikan Tol Bangkinang-Koto Kampar secara gratis selama Natal


Khusus tol ini diperpanjang pengoperasiannya karena diperkirakan trafik masih cukup tinggi dan banyak kendaraan yang belum kembali ke tempat asal. Sehingga, untuk mengantisipasi kemacetan di jalan lintas, tol ini masih dioperasikan secara fungsional.

"Sama halnya dengan Tol Bangkinang - Koto Kampar, pada Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura juga tidak ditemukan kecelakaan atau fatalitas yang terjadi selama dibuka secara fungsional. Jalan tol ini telah dilalui lebih dari 48.000 kendaraan selama 24 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024,” kata Tjahjo.

Dengan antusiasme yang tinggi dari pengguna jalan tol tersebut yang didominasi oleh kendaraan Golongan I (kendaraan pribadi), Hutama Karya berharap kedua ruas tol ini dapat segera dioperasikan permanen agar semakin mempermudah akses wisata ataupun logistik bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas antarprovinsi.

“Saat ini kami masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR terkait dengan pengoperasian kedua ruas ini. Nanti setelah SK tersebut keluar baru dapat secara resmi dioperasikan,” tutur Tjahjo Purnomo.

Baca juga: Pembangunan tol Bangkinang-Koto Kampar rampung akhir 2023

Baca juga: Hutama Karya dirikan rest area sementara di tol Pekanbaru-Bangkinang

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Luciana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024