mereka akan menyeberang ke Malaysia melalui Kepulauan Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil
Pekanbaru, (ANTARA) - Kepolisian Resor Rokan Hilir, Provinsi Riau menggagalkan keberangkatan sebanyak 11 orang Rohingya dan 11 Warga Negara Indonesia yang akan menyeberang ke Malaysia secara ilegal yang datang dari Labuhan Batu, Sumatera Utara melalui jalur darat.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Rabu mengatakan hal itu diketahui saat personel Kepolisian Sektor Panipahan melihat segerombolan orang yang membawa tas sekitar pukul 03.00 WIB. Awalnya dicurigai sebagai Tenaga Kerja Indonesia ilegal yang mau diberangkatkan.

"Rencananya mereka akan menyeberang ke Malaysia melalui Kepulauan Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil. Kita dapat info adanya dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Ternyata ada orang dari etnis Rohingya juga," katanya.

Lanjut Andrian, pihaknya juga turut mengamankan dua pria berinisial MM (44) dan HA (37) yang merupakan pelaku yang akan memberangkatkan ke 22 orang ini. Pelaku ini merupakan warga Labuhan Batu.

"Tiap korbannya diminta membayar Rp5 juta 500 ribu untuk diberangkatkan ke Malaysia menggunakan kapal motor," tutur Andrian.

Baca juga: Tim Satgas TPPO Polda Riau gagalkan penyeludupan 39 PMI Ilegal
Baca juga: KJRI Johor Bahru-BP3MI Riau fasilitasi pemulangan 5 anak korban TPPO


Ia menjelaskan, saat ini para WNI yang menjadi korban dari TPPO telah dibawa ke Polsek Bangko untuk penyelidikan. Sedangkan korban dari etnis Rohingya diserahkan ke pihak imigrasi.

Tak jauh dari Rohil, aparat kepolisian juga mengamankan 17 pengungsi Rohingya asal Myanmar yang masuk ke Kota Dumai. Dari awalnya 11 orang pengungsi Rohingya diamankan Polsek Medang Kampai Dumai di dua lokasi berbeda di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Selasa (2/1).

Lalu, lima orang lagi berhasil diamankan Kapal Patroli Hayabusa-3008 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri masih di seputaran Pelintung Kecamatan Medang Kampai pada Selasa (2/1) sore. Menyusul seorang lagi Polsek Medang Kampai kembali menyerahkan ke Imigrasi Dumai, Rabu sore.

Baca juga: Polresta catat 190 warga Rohingya kabur dari penampungan selama 2023
Baca juga: UNHCR ingatkan pengungsi Rohingya di Aceh agar tidak kabur
Baca juga: Polda Aceh cari 28 imigran Rohingya kabur dari penampungan

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024