yang paling dominan adalah mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta
Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mencatat sebanyak 1.466 orang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2024 di wilayah setempat yang didominasi mahasiswa dari luar daerah.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Yogyakarta Zuhad Najamuddin di Yogyakarta, Rabu, mengatakan data DPTb tersebut tercatat berdasarkan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) hingga 31 Desember 2023.

"Latar belakangnya macam-macam cuma yang paling dominan adalah mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta," kata dia.

Selain pemilih yang pindah masuk di Kota Yogyakarta, menurut dia, KPU juga mencatat 409 pemilih dari Kota Yogyakarta yang pindah memilih keluar ke daerah lain.

"Mereka di antaranya ada yang sudah pernah mengurus di DPTb Yogyakarta cuma pada akhirnya dia memutuskan pulang kampung halaman saja," kata dia.

Menurut Zuhad, data 1.466 orang yang masuk DPTb Kota Yogyakarta tersebut masih bisa bertambah seiring dengan sosialisasi dan layanan jemput bola di sejumlah kampus.

Baca juga: KPU Bogor mulai data Daftar Pemilih Tambahan
Baca juga: KPU DKI evaluasi daftar pemilih tambahan untuk tingkatkan pelayanan


Sebelumnya, KPU Kota Yogyakarta telah menggelar layanan pengurusan formulir A5 untuk pindah memilih di sejumlah kampus di DIY hingga 10 Januari 2024.

Setelah itu masih bisa dilayani di KPU Kota Yogyakarta, PPK di tingkat kecamatan, atau PPS di level kelurahan hingga 15 Januari 2024.

Dia berharap para mahasiswa atau pendatang yang hendak mengurus pindah memilih di Kota Yogyakarta segera mengurus formulir A5 tanpa menunggu batas akhir.

"Kalau dia tiba-tiba langsung ke TPS cuma bawa KTP dan belum masuk DPT atau DPTb maka tidak bisa dilayani, kecuali dia penduduk setempat masih boleh namanya daftar pemilih khusus (DPK)," ujar Zuhad.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta sebanyak 321.645 orang pemilih, terdiri atas 166.851 pemilih perempuan dan 154.794 pemilih laki-laki.

DPT tersebut didominasi pemilih muda dari kalangan milenial (usia 25-39 tahun) mencapai 87.337 atau 27 persen dan Gen Z (usia 17-24 tahun) mencapai 56.856 atau 18 persen.

Baca juga: KPU Tangerang susun daftar pemilih tambahan Pemilu 2024
Baca juga: PPLN Budapest data daftar pemilih tambahan luar negeri
Baca juga: Bawaslu Semarang temukan 13 potensi pemilih tambahan

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024