Penambahan jadwal perjalanan dilakukan karena melihat tren positif jumlah pengguna moda transportasi publik tersebut
Solo, Jawa Tengah (ANTARA) - KAI Commuter menambah perjalanan Commuter Line Yogyakarta menjadi 12 kali dari Stasiun Palur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai Kamis ini.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan dengan adanya penambahan tersebut saat ini perjalanan Commuter Line Yogyakarta menjadi 24 kali setiap hari dari sebelumnya 20 kali di hari kerja dan 24 kali di Sabtu dan Minggu serta hari libur.

Ia mengatakan penambahan jadwal perjalanan dilakukan karena melihat tren positif jumlah pengguna moda transportasi publik tersebut.

Pihaknya mencatat total volume pengguna Commuter Line Yogyakarta sepanjang tahun 2023 naik sebesar 45 persen dibandingkan dengan 2022, yakni 6.453.099 pengguna pada 2023 dan 4.463.802 pengguna pada 2022.

Untuk keberangkatan paling pagi dari Palur yakni pukul 04.45 WIB dan diperkirakan sampai di Stasiun Yogyakarta pada pukul 06.15 WIB.

Selanjutnya, perjalanan paling malam dari Stasiun Palur pada pukul 20.53 WIB dan diperkirakan sampai di Yogyakarta pukul 22.14 WIB.

Ia mengatakan penambahan empat perjalanan setiap harinya tersebut juga sebagai pilihan utama masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Apalagi, Kota Yogyakarta dan Solo merupakan kawasan tujuan wisata.

"Dengan adanya Commuter Line diharapkan dapat memudahkan para wisatawan menggunakan transportasi publik," katanya.

Ia mengatakan beberapa stasiun juga sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan dengan Trans Yogya dan kereta bandara. Sedangkan, Stasiun Solo Balapan dengan Batik Solo Trans dan kereta bandara.

Baca juga: KAI uji coba akses baru pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta
Baca juga: Jumlah penumpang KRL Solo-Yogyakarta terus meningkat 
Baca juga: Commuter Line Yogyakarta tambah jadwal perjalanan saat libur Idul Adha

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024