Harimau ini muncul disebabkan oleh cuaca hujan dan banjir
Pekanbaru, (ANTARA) - Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau memantau keberadaan seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menampakkan dirinya di areal perkebunan warga Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Balai BKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan, Kamis, membenarkan adanya laporan tersebut. Ia mengatakan Kabupaten Indragiri Hulu merupakan bagian wilayah di Provinsi Riau yang terdapat Harimau Sumatera.

Mengenai tindakan apa yang dilakukan BKSDA Riau, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas di lapangan yang ada di Resor Kerumutan. "Kejadian ini saya koordinasikan dengan anggota di lapangan sebelum melakukan tindakan. Warga diminta tetap waspada," katanya.

Satwa dilindungi tersebut diduga berjenis kelamin betina, sebab terlihat oleh warga harimau itu bersama seekor anaknya. Penampakan hewan berbadan loreng ini membuat warga setempat ketakutan.

Baca juga: BKSDA Riau pasang kamera jebak pantau pergerakan harimau

Berdasarkan informasi yang dirangkum, salah seorang warga setempat sempat merekam momen penampakan kedua ekor harimau itu menggunakan telepon seluler. Video yang sempat menghebohkan di media sosial itu diambil dari dalam mobil.

Pihak BKSDA Riau menyebutkan kemunculan harimau tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi, ditambah dengan kondisi banjir di beberapa wilayah. "Harimau ini muncul disebabkan oleh cuaca hujan dan banjir," ucapnya.

Genman pun mengimbau warga agar tidak sendirian saat pergi ke kebun atau area hutan yang sepi. Apabila warga tak sengaja bertemu harimau tersebut, kata dia, diharapkan dapat segera menghindar dan tak mengusiknya.

Baca juga: Jejak harimau sumatera ditemukan di kebun sawit wilayah Pelalawan Riau
Baca juga: Harimau masuk pasar diduga pernah terkam ternak

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024