Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Indonesia berjalan dengan lancar.

"Sekarang ke sini (Keuskupan Katedral) lagi, mengonfirmasi lagi yang saya katakan saat itu, bahwa insyaallah peringatan Natal dan Tahun Baru berjalan baik, aman, dan lancar; dan memang ini yang terjadi," kata Mahfud di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Kamis.

Mahfud mengunjungi Paroki Katedral Jakarta, Kamis, untuk bertemu dan berdiskusi dengan Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo setelah perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024.

Baca juga: Mahfud MD kunjungi Gereja Katedral Jakarta pada Misa Malam Natal

"Saya silaturahim ke beliau. Semua berjalan sesuai dengan doa kita. Natal dan Tahun Baru di Indonesia berjalan dengan aman, lancar, damai sampai sekaranglah. Gitu aja, tidak ada yang lain," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan kunjungannya itu merupakan agenda biasa, karena kedatangannya saat Misa Malam Natal 2023 di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12), masih belum optimal.

"Ya, silaturahim biasa. Kenapa? Karena Saudara tahu, waktu saya ke sini, malam Natal waktu itu, kan saya kurang sehat; sehingga mempercepat pulang, begitu juga membatalkan acara. Sehingga waktu itu saya merasa kok kunjungan saya belum terasa lengkap, karena waktu itu cepat pulang, ngomongnya pendek-pendek. Saya terus sakit sehari," jelas Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD: Terowongan Silaturahmi simbol persatuan bangsa

Sementara itu, Mgr. Suharyo mengatakan pertemuannya dengan Mahfud dalam suasana santai, salah satunya membahas soal makanan yang dinikmati Mahfud sebelum ke Katedral Jakarta.

"Salah satu yang diceritakan tadi, Bapak (Mahfud) baru saja makan di restoran Padang, terus ke sini. Iya, begitu-begitu, antara pembicaraan antara teman lama," kata Suharyo.

Pada kesempatan itu, Suharyo juga mengonfirmasi pernyataan Mahfud yang merasa tidak enak badan saat malam Natal lalu.

"Seperti sudah diceritakan oleh Bapak (Mahfud) tadi, waktu Natal beliau merasa badan tidak enak, maka cepat-cepat pulang dan tidak ada waktu untuk berbicara. Padahal, kami kan sudah biasa berbicara bersama-sama dengan Bapak (Mahfud) mengenai macam-macam hal," ujar Suharyo.

Baca juga: Di Konser Lilin Putih, Mahfud kenang upaya peresmian GKI Yasmin Bogor

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024