Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Gerakan Sekali Putaran (GSP) Muhammad Qodari meyakini pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang 70 persen memenangi Pilpres 2024 satu putaran.

"Kalau saya, persentase sekali putaran 70 persen," kata Qodari dalam diskusi bertajuk "Ngobrol Bareng Pilpres Sekali Putaran" di Jakarta, Kamis.

Menurut Qodari, angka peluang 70 persen tersebut berdasarkan pada hasil survei dari berbagai lembaga yang menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dari dua pasangan calon lain peserta Pilpres 2024.

Bahkan, lanjutnya, sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon Prabowo-Gibran berada di posisi teratas, yakni di kisaran angka 46-47 persen.

"Survei-survei yang saya jadikan acuan, angkanya 46 sampai 47 persen. Berarti kan tinggal 5 persen lagi sudah sampai," tambah Qodari.

Baca juga: TKN Fanta doa bersama untuk kemenangan Prabowo dalam satu putaran

Untuk merealisasikan target menang pilpres satu putaran itu, dia mengatakan sejumlah langkah harus dilakukan oleh para pendukung dan simpatisan Prabowo-Gibran.

Salah satunya yakni mengoptimalkan komunikasi dan sosialisasi kepada semua pihak, terutama kepada basis pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto, di mana pendukung keduanya berada pada kubu berseberangan.

"Nah, soal sekali putaran ini, kalau kita bicara ke depan, kuncinya di mana? Pertama, kita komunikasi dan sosialisasi kepada semua pihak, terutama kepada mereka yang notabene sebetulnya pendukung Pak Jokowi dan Pak Prabowo; karena mereka ini orang-orang yang sebetulnya masih berada di tempat yang salah saja," ujarnya.

Upaya lainnya adalah bersama-sama menjaga stabilitas dan keamanan masyarakat dan tidak terpancing dengan segala bentuk provokasi dari berbagai pihak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Bertemu relawan Tangerang, Kaesang serukan Prabowo-Gibran satu putaran

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024