Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan
Jakarta (ANTARA) - PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) melalui Badan Tim Nasional (BTN) menunjuk Ronny Gunawan sebagai manajer baru Timnas Elite Putra atau menggantikan Jeremy Imanuel Santoso.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Ronny Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan,” kata Ketua BTN Perbasi Syailendra Bakrie dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ronny dipercaya menjadi manajer baru timnas karena tidak berafiliasi dengan tim manapun. Ronny yang sebelumnya identik dengan Satria Muda, sudah resmi melepaskan diri setelah bersedia menerima tugas baru dari PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) ini.

Syailendra mengatakan penunjukan Ronny diharapkan bisa memberikan napas baru dalam semangat membangun kekuatan Timnas Elite Putra dengan lebih fokus.

“Tugas manajer baru adalah menyiapkan tim bersama pelatih untuk menghadapi beberapa event di tahun 2024. Ronny bersama BTN juga sudah koordinasi terkait tim yang akan dipersiapkan menghadapi turnamen di 2024,” ujar Eda.

Baca juga: Kembangkan timnas, Perbasi pantau pemain muda di seluruh Indonesia

Kompetisi terdekat adalah Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ajang ini akan dilakukan dalam tiga jendela dengan format laga kandang dan tandang mulai dari Februari 2024 hingga Februari 2025.

Setelah Kualifikasi FIBA Asia pada 2024, Timnas Basket Indonesia akan bersiap untuk bertanding di SEA Games Thailand 2025 yang akan berlangsung pada 9-20 Desember 2025.

“Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada Jeremy Imanuel Santoso atas kontribusinya terhadap timnas. Apresiasi diberikan atas berbagai capaian yang telah diraih termasuk membawa pulang medali emas untuk timnas putra pada 2021 yang lalu. Dengan semangat baru di 2024, semoga Timnas bisa memberikan prestasi lebih, demi kebanggaan Bolabasket Indonesia,” kata Syailendra.

Sementara Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menegaskan bahwa pergantian manajer ini untuk menunjukkan netralitas federasi dalam membangun kekuatan timnas. Tidak ada satupun personel yang ada di manajemen ataupun ofisial tim yang terafiliasi dengan klub mana pun.

Baca juga: Sekjen Perbasi raih penghargaan Lintas Politika Awards 2023

“Netralitas dibutuhkan dalam membangun kesolidan tim mengingat Timnas merupakan milik seluruh masyarakat Indonesia. Suasana ini diharapkan bisa menguatkan kondusifitas tim untuk mencetak sejarah baru bolabasket Indonesia ke depannya,” kata Nirmala.

Di sisi lain, Ronny Gunawan merespon dengan baik tugas baru dari BTN Perbasi ini. Dia mengatakan akan berusaha memberikan yang terbaik karena ini adalah tugas negara.

“Kalau dulu saya membela Timnas sebagai atlet, sekarang di posisi sebagai manajemennya. Jadi, ini tentu merupakan suatu hal baru, tapi saya akan terus belajar tentunya,” jelas Ronny.

“Semoga di posisi baru ini saya bisa memberikan sumbangsih dan membantu timnas basket menjadi lebih baik lagi,” lanjutnya.

Baca juga: 2023, tahunnya bola basket Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024