Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita menarik berkaitan dengan kriminalitas dan keamanan terjadi di Jakarta pada Kamis (4/1), mulai dari Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Internasional Universitas Padjadjaran, Prof Romli Atmasasmita menolak menjadi saksi meringankan (a de charge) untuk mantan Ketua KPK Firli Bahuri  hingga perusakan fasilitas Rusunawa Marunda.
 
Berikut rangkuman dan tautan berita kemarin:
 
1. Ditunjuk jadi saksi meringankan Firli, Romli Atmasasmita menolak
 
Guru besar bidang ilmu hukum internasional Universitas Padjadjaran, Prof Romli Atmasasmita menolak menjadi saksi meringankan (a de charge) bagi mantan Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.
 
Hal tersebut disampaikan Romli setelah menerima surat panggilan dari pihak Kepolisian dan langsung membalas surat tersebut dengan sikap menolak menjadi "a de charge" bagi Firli Bahuri.
   
2. Sepanjang 2023, KJP Plus 492 siswa di Jakarta dihentikan
 
Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus bagi 492 pelajar di setiap jenjang pendidikan (SD-SMA) di DKI Jakarta dihentikan pada 2023 karena pelanggaran beberapa aturan termasuk terlibat tawuran.
 
"Tercatat sejumlah peserta didik penerima KJP Plus yang melanggar Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 110 Tahun 2021 tentang Bantuan Sosial Biaya Pendidikan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Purwosusilo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
   
3. Perusakan fasilitas di Rusunawa Marunda dilaporkan ke polisi
 
Perusakan fasilitas milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa pos sekuriti lobi Kantor Unit Pengelola Rumah Susun Wilayah II DKI Jakarta di Blok D2 Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, pada Senin (1/1), telah dilaporkan ke polisi.
 
Kepala Satuan Pelaksana Penertiban UPRS Wilayah II DKI Jakarta Salfar Ridwan saat dihubungi di Jakarta Utara, Kamis, untuk mengklarifikasi video perusakan di Rusunawa Marunda yang beredar di kalangan wartawan, memperkirakan dampak kerusakan tersebut senilai Rp2,5 juta.
   
4. Kuasa Hukum Firli Bahuri hormati keputusan Romli Atmasasmita
 
Kuasa hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar menyatakan bahwa pihaknya menghormati keputusan Prof Romli Atmasasmita yang menolak menjadi saksi meringankan dalam kasus yang dihadapi kliennya.
 
"Dia tetap mau untuk menjadi ahli kami gitu ya, ya kita hormati sikap beliau selaku begawan hukum," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
   
5. Polisi ingatkan warga kunci ganda sepeda motor antisipasi pencurian
 
Polisi meminta warga menerapkan penggunaan kunci ganda pada sepeda motor saat kendaraan diparkir guna mengantisipasi pencurian.
 
Hal tersebut salah satunya disampaikan menyusul maraknya kejadian pencurian sepeda motor khususnya di wilayah Jakarta Barat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024