banyak terparkir sembarangan dan tanpa kunci ganda
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor Mampang, Jakarta Selatan membagikan 100 kunci ganda bagi sepeda motor warga di lima kelurahan, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan untuk mengurangi maraknya kejadian pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di daerah itu.

"Dari hasil analisa dan pengecekan TKP (tempat kejadian perkara), di daerah ini, sepeda motor banyak terparkir sembarangan dan tanpa kunci ganda pengaman sehingga mudah bagi pelaku curanmor untuk melakukan kejahatan," kata Kapolsek Mampang Kompol David Kanitero dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Ia memberikan contoh, salah satu titik rawan curanmor adalah di pinggir gang sepanjang kawasan RW 05, Kelurahan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan patroli berjalan kaki sambil membagikan kunci ganda pengaman ke warga.

Baca juga: Kapolrestro Jakut kembalikan sepeda motor pedagang kue pancong

"Total 100 kunci ganda untuk lima kelurahan di Mampang. Masing-masing kelurahan 20 kunci ganda," katanya.

Ia berharap warga dapat meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban curanmor.

"Harapannya warga dapat mengantisipasi. Warga dapat menjadi polisi bagi diri sendiri," ujar David.
​​​​
Ia juga menyebutkan, berdasarkan laporan yang masuk dari warga ke polisi, dalam satu bulan terakhir di wilayah tersebut terjadi aksi curanmor sebanyak empat kali.

Baca juga: Polisi tangkap kakak beradik pencuri motor di Jakarta
 
Salah satu warga, Nuridin menyampaikan rasa terima kasihnya atas inisiatif tersebut karena hal itu membuat warga tergerak untuk lebih menjaga keamanan pada kendaraan motornya sehingga kejahatan curanmor tidak terjadi lagi.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023