Surabaya (ANTARA) -
PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat tiga kereta api jarak jauh dari Bandung mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Gubeng Surabaya, imbas kecelakaan antara KA Commuterline Bandung Raya dan KA Turangga, pada Jumat pagi.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan keterlambatan tersebut dikarenakan adanya perubahan pola operasi perjalanan KA akibat proses evakuasi dan normalisasi jalur yang dilakukan oleh petugas.
 
Luqman menjelaskan, tiga KA yang terlambat antara lain KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng, KA Pasundan relasi Kiaracondong - Bandung, KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Bandung.  
 
"KA jarak jauh yang mengalami keterlambatan tersebut, yang seharusnya melalui petak jalan Kroya Banjar Cicalengka dan Bandung, dialihkan melalui petak jalan Kroya menuju Purwokerto Cirebon Cikampek dan Bandung," ucapnya.  
 
Keterlambatan tersebut, kata dia, diperkirakan terjadi satu hingga dua jam dari jadwal yang seharusnya.
 
"Jika sesuai jadwal, KA Argo Wilis seharusnya tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 17.35 WIB, KA Pasundan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 23.54 WIB, serta KA Pasundan Tambahan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 22.55 WIB," ujarnya.
 
Luqman menambahkan, bahwa KAI mendatangkan rangkaian alat berat berupa crane dari Solo dan juga Cirebon serta lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak serta mengerahkan tim prasarana untuk menormalisasi jalur KA.
 
Selain itu, sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada pelanggan, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat bagi pelanggan KA yang terdampak.
 
"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. Kami dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar," tuturnya.
 
Sebelumnya, Kecelakaan terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
 
Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep membenarkan adanya kejadian tersebut yang berawal saat kedua kereta saling bertabrakan pada pukul 06.03 WIB.
 
“Iya (benar) di Cicalengka, kejadian pukul 06.03 WIB adu banteng antara KA Turangga dengan Kereta Lokal dan saat ini sedang proses evakuasi,” kata Ayep

Baca juga: KAI: Delapan perjalanan KA dialihkan ke Cirebon imbas kecelakaan

Baca juga: 478 penumpang selamat atas kejadian kecelakaan kereta di Bandung

Baca juga: KAI: Satu pramugara meninggal dalam tabrakan kereta di Bandung

Baca juga: Kemenhub sampaikan permohonan maaf atas kecelakaan KA di Bandung

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024