"Komitmen TNI sebagai alat pertahanan negara posisi kita sudah jelas yaitu netral,"
Biak (ANTARA) - Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Madya TNI Teddy Rizalihadi melarang anggota TNI memberikan "like" dan berkomentar soal Pemilu di sosial media.

"Komitmen TNI sebagai alat pertahanan negara posisi kita sudah jelas yaitu netral," ujar Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsekal Madya TNI Teddy Rizalihadi saat memimpin serah Terima jabatan Panglima Komando Operasi III dari Marsekal Muda TNI Donald Kasenda kepada penggantinya Marsekal Muda TNI Benny Arfan di Biak, Jumat.

Ditegaskan Marsdya Teddy, sesuai instruksi Panglima TNI telah menunjukkan komitmen netralitas dengan menyiapkan posko pengaduan netralitas TNI di beberapa satuan udara.

Diakui Pangkohanudnas, pos jaga laporan netralitas tersebut disiapkan untuk masyarakat yang mengadukan bila ada indikasi tidak Netral dari prajurit dan PNS.

Marsdya Teddy mengingatkan kepada seluruh pejabat prajurit PNS untuk dapat bersikap Netral dengan tidak mendukung melihat maupun menggunakan fasilitas dinas TNI untuk kepentingan peserta Pemilu 2024.

Ia menyebut, sekitar satu bulan lagi penyelenggaraan pemilu akan diselenggarakan secara serentak dalam situasi tersebut sangat rawan munculnya konflik sosial di tengah masyarakat.

Oleh karenanya, pesan Marsdya Teddy, TNI sebagai alat pertahanan negara harus dapat membantu pemerintah menciptakan dan menjaga situasi yang kondusif sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan damai dan aman.

Selaku Panglima komando operasi udara nasional maupun secara pribadi saya mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah Kabupaten Biak Numfor, pejabat Polri serta aparat kewilayahan di jajaran komando operasi udara III yang telah bekerja sama mendukung pelaksanaan tugas komando operasi udara.

Pangkohanudnas mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Marsekal muda TNI Donald Kasenda dan ibu atas pelaksanaan tugas tanggung jawab sebagai panglima komando operasi udara III dilaksanakan dengan baik dan dapat menjaga nama satuan.

"Selamat bertugas dan mohon dukungan dan kerjasama terus diberikan kepada Panglima Koopsud III yang baru Marsda TNI Benny Arfan dan ditingkatkan pada masa mendatang," katanya.

Kepada penjabat baru Panglima Komando Operasi Udara III Marsda Benny Arfan selaku pimpinan mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai panglima komando operasi udara III Biak.

"Jabatan ini merupakan amanah kepercayaan kehormatan yang diberikan pimpinan sehingga dapat dilaksanakan dengan tanggung jawab," harap Marsdya Teddy.

Pada sertijab Pangkopsud III dilakukan upacara militer disaksikan Wabup Biak Calvin Mansnembra serta perwakilan Forkompinda Biak

Pewarta: Muhsidin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024