Jauh-jauh hari, kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Jakarta (ANTARA) - Trafik data XL Axiata dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 atau periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat sebesar 15 persen dibandingkan hari normal dan 19 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Sedangkan, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90 persen dibandingkan kondisi hari normal.

Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1 persen dan SMS sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

"Jauh-jauh hari, kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kenaikan tersebut sudah diprediksikan sebelumnya. "Ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan tahun baru," ujarnya.

Gede melanjutkan selama periode liburan tersebut jaringan tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

Di antaranya, adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2 kali lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15 persen dibandingkan hari normal.

"Kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon naik 30 persen, lalu Kota Surabaya naik 22 persen, dan Kabupaten Bogor naik 18 persen," katanya.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Propinsi Jawa Tengah, sebesar 21 persen dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16 persen, selanjutnya Jawa Barat sebesar 14 persen dan Jawa Timur 11 persen.

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198 persen dibandingkan hari normal. Di Pantai Pangandaran, Propinsi Jawa Barat, naik hingga 143 persen, dan Pantai Sawarna, Propinsi Banten naik 128 persen.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 310 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi Singapura, Malaysia, dan Kamboja.

Baca juga: XL Axiata siapkan rekayasa jaringan hadapi liburan akhir tahun
Baca juga: Pendapatan XL Axiata naik 10 persen jadi Rp23,9 triliun di kuartal III
Baca juga: XL Axiata perkuat jaringan menjelang Piala Dunia U-17

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024