Tanah harus untuk kemakmuran petani, bukan kemakmuran segelintir kelompok saja.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Muhaimin Iskandar berjanji akan menuntaskan reforma agraria demi kemakmuran petani dan masyarakat ketika terpilih pada Pilpres 2024.

"Kami akan menerapkan reforma agraria sejati, yakni tanah harus untuk kemakmuran petani, bukan kemakmuran segelintir kelompok saja," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Cak Imin juga akan mendorong tanah-tanah yang dikuasai negara, Badan Usaha Milik Negara(BUMN), BUMD, pemerintah daerah, dan instansi lainnya agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal ini petani.

Selain reforma agraria, pihaknya juga akan menuntaskan distribusi agraria, distribusi pembagian tanah untuk rakyat.

"Hal itu agar rakyat bisa memiliki kemampuan berproduksi dengan baik. Jadi, jauh sebelum kebutuhan-kebutuhan lain, yang paling pokok adalah tanah," kata Cak Imin saat bertemu dengan Serikat Petani Pasundan di Garut, Jawa Barat.

Perjuangan hak rakyat atas tanah, kata Cak Imin, belum selesai. Padahal, tanah untuk rakyat itu syarat kalau mau petani berproduksi dan makmur.

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menegaskan bahwa pasangan AMIN bertekad untuk menyelesaikan konflik-konflik agraria yang terjadi di banyak daerah.

Di sisi lain, kata dia, pentingnya tanah bagi petani yang memiliki lahan kurang dari setengah hektare yang jumlahnya meningkat pada tahun 2023.

"Petani gurem harus memiliki tanah. Skema produksi juga harus diubah dengan skema kooperatif farming. Petani gurem akan berada dalam satu wadah KUD atau gabungan kelompok tani (gapoktan) untuk mempermudah distribusi, produksi, maupun pemasaran," katanya.

Ditegaskan pula bahwa sudah saatnya tanah-tanah yang mayoritas dimiliki segelintir orang harus dibagikan kepada rakyat, khususnya petani.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Sejumlah advokat dari 35 wilayah bergabung jadi THN AMIN Jateng
Baca juga: Timnas AMIN tak permasalahkan panelis debat capres dari Unhan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024