Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Administrasi Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mendapatkan sembilan unit kendaraan dinas operasional (KDO) pemadam dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diharapkan dapat meningkatkan waktu tanggap gawat darurat terhadap bencana.

"Dengan tambahan KDO baru kini Sudin Gulkarmat Jaksel memiliki 161 unit kendaraan operasional dengan rincian 45 roda dua dan sisanya roda empat," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Selatan Syamsul Huda saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan, selain untuk meningkatkan waktu tanggap gawat darurat terhadap suatu bencana, tambahan sembilan unit KDO pemadam kebakaran ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sembilan unit KDO baru ini akan kita tempatkan di sektor-sektor dan Pos Gulkarmat di Jakarta Selatan," ucapnya.

Syamsul menjelaskan, sembilan unit KDO tersebut terdiri dari, enam unit mobil pompa, satu unit mobil submersible, satu unit KDO smoke removal, dan satu unit mobil quick response.
Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Selatan Syamsul Huda menerima sembilan unit kendaraan dinas operasional pemadam di Jakarta, Jumat (5/1/2024). ANTARA/HO- Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan.


Dan satu unit mobil pompa berkapasitas 10.000 liter akan ditempatkan di Sektor Gulkarmat Tebet, Masing-masing satu unit mobil pompa 4.000 liter di Pos Pemadam ANRI dan Gandaria City.

"Jadi kita juga mendistribusikan masing-masing satu KDO mobil pompa berkapasitas 2.500 liter ke Sektor Gulkarmat Pesanggrahan, Pos Pemadam Cidodol, dan Lebak Bulus," jelasnya.

Syamsul menambahkan, untuk satu unit mobil submersible ditempatkan di Sektor Gulkarmat Kebayoran Lama, satu unit KDO quick respons di Sektor Gulkarmat Setiabudi, serta satu unit KDO smoke removal di Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan.

"Saya berharap semua unit baru ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu dan melayani warga serta KDO-KDO itu harus dirawat dengan baik dan dipastikan siap digunakan setiap saat," tambah Syamsul.

Baca juga: Gulkarmat Jaksel kerahkan personel gabungan hadapi musim hujan

Baca juga: Korsleting listrik jadi penyebab kebakaran SD Sumbangsih Jaksel

Baca juga: Kebakaran gudang hiburan di Jalan Gatot Subroto berhasil dipadamkan

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024