Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sumantri Suwarno menilai bahwa keberpihakan pada masyarakat lebih penting daripada keberlanjutan atau pun perubahan.

Berdasarkan siaran pers TPN Ganjar-Mahfud yang diterima di Jakarta, Jumat, Sumantri mengatakan dalam berbagai interaksi dengan masyarakat selama masa kampanye Pilpres 2024, pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendengarkan banyak keluhan masyarakat atas situasi kehidupan sehari-hari.

"Dari minimnya fasilitas kesehatan di beberapa daerah luar Jawa, langkanya pupuk subsidi, hingga beban kredit macet yang dihadapi nelayan akibat pandemi COVID 2019," kata Sumantri.

Selanjutnya, masalah akses internet bagi anak sekolah yang belum merata hingga terbatasnya akses kredit bagi UMKM juga mengemuka dalam berbagai kunjungan di masyarakat.

Melihat situasi tersebut, dia menilai sebetulnya isu terpenting bagi pemerintah mendatang bukan lagi semata soal perubahan atau keberlanjutan.

"Pemerintah mendatang harus mampu mengarahkan bandul keberpihakan kepada kelompok masyarakat bawah, UMKM, dan kalangan muda agar tidak tertinggal dalam proses pembangunan," tegasnya.

Untuk keberpihakan kepada kelompok masyarakat miskin, sambung Sumantri, Ganjar-Mahfud berkomitmen menajamkan program bansos dan subsidi. Hal ini agar kelompok sasaran menerima manfaat yang lebih berkualitas dengan basis KTP Sakti.

Kemudian, untuk pelaku bisnis UMKM, Ganjar-Mahfud ingin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas agar semakin membesar kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi.

Sementara untuk kalangan muda, afirmasi akan diberikan melalui penajaman program pembiayaan bisnis rintisan (start up), serta pendirian sekolah kejuruan yang terhubung dengan pelaku industri.

"Keberpihakan ini diharapkan memperbaiki kualitas pertumbuhan ekonomi agar berkelanjutan dan tidak rapuh ketika terhantam oleh krisis," pungkas Sumantri.
Baca juga: TPN: Ganjar pastikan tidak ada UMKM gagal dapat KUR
Baca juga: TPN: Hilirisasi diperdalam, blusukan perkuat Ganjar adalah Jokowi 3.0
Baca juga: TPN pastikan Ganjar utamakan pemulihan hak korban HAM di Wadas
Baca juga: TPN pastikan platform Gotong Royong Rakyat sesuai aturan KPU

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024