Bangkalan (ANTARA News) - Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik di Jembatan Suramadu, Jawa Timur, terjadi pada H+8 hingga H+9 Lebaran 2013.

Perkiraan tersebut, menurut Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu, Suharyono, Senin, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Mayoritas warga Madura biasanya kembali ke tempat kerjanya setelah Lebaran Ketupat," katanya.

Ia menjelaskan, kendaraan yang melintas di Jembatan Suramadu dalam dua hari terakhir ini didominasi warga sekitar Surabaya dan Bangkalan.

Pihaknya memperkirakan saat puncak arus balik, kendaraan yang melintas di Suramadu mencapai 90 ribu sampai 95 ribu kendaraan, baik kendaraan yang dari arah kota Surabaya maupun Madura.

Menurut dia, pemudik dari Madura akan mencapai 65 persen hingga 75 persen, dan angka itu mengalami peningkatan sekitar 11 persen dibandingkan puncak arus balik tahun sebelumnya.

"Sebab, pada pada puncak arus balik tahun lalu mencapai 87 ribu unit kendaraan dengan rincian sebanyak 62 ribu kendaraan dari Madura, sedangkan 25 ribu kendaraan dari Surabaya," katanya.

Sementara pada H+3 Lebaran 2013 kendaraan yang melintas di Suramadu diperkirakan sekitar 12 ribu.

"Tapi hasil pengamatan mulai pagi hingga sore ini masih dalam kondisi normal. Kendatipun ada antrean tidak terlalu panjang," katanya.


Pewarta: Abd Aziz
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013