Jakarta (ANTARA) -
Pada Jumat (5/1), Kereta Api jarak jauh KA Turangga dengan KA Bandung Raya atau KA lokal bertabrakan dan membuat sejumlah orang meninggal dunia.
 
Ada pula warta tentang Badan Geologi menemukan sesar baru penyebab gempa bumi di Sumedang serta berita soal bantuan yang diberikan pemerintah untuk warga Sumedang.
 
Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.
   
Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Bandung menerjunkan tim untuk mengevakuasi korban kecelakaan tabrakan dua kereta api komersial di jalur rel wilayah Haurpugur-Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika mengatakan, tim penyelamatan dari Basarnas Bandung saat ini melakukan proses evakuasi terhadap korban kecelakaan kereta api (KA) yang melibatkan KA Turangga atau KA jarak jauh, dengan KA Bandung Raya atau KA lokal.
 
 
 
Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Bandung menyampaikan seluruh korban kecelakaan tabrakan dua Kereta Api (KA) di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah tuntas dievakuasi dengan jumlah korban jiwa sebanyak empat orang dan korban selamat 34 orang yang semua korban sudah dibawa ke rumah sakit, Jumat.
 
Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika mengatakan proses evakuasi korban tabrakan KA Turangga relasi Surabaya-Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya berlangsung sesaat setelah kejadian pukul 06.00 WIB, dan selesai sekitar pukul 17.30 WIB.
   
Gunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara mengalami erupsi meminta abu vulkanik tebal berwarna kelabu setinggi lebih kurang 1.000 meter ke arah barat daya dan barat.
 
Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Efrita Lusy Andriany Saragih mengatakan erupsi itu terjadi pukul 08.56 WIT.
 
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan temuan terbaru segmen Sesar Cipeles yang menjadi penyebab gempa bumi di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.
 
Penyelidik Bumi Ahli Muda dari Pusat Survei Geologi Joko Wahyudino mengatakan Sesar Cipeles muncul di permukaan, memotong lapisan tanah, dan merobohkan beberapa rumah.
   
Kementerian Agama berupaya menjangkau kaum muda melalui Devotion Experience (Dev-X), yang meliputi acara pameran, pertunjukan, pemutaran film, dan bincang-bincang tentang agama.
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, acara yang berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) dari 5 hingga 7 Januari 2024 itu antara lain ditujukan untuk mendekatkan anak muda dengan agama.
 
 
   
 
 
Pemerintah menyerahkan bantuan stimulan kepada korban yang rumahnya rusak akibat bencana alam gempa bumi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat.
 
 
 
"Pemberian bantuan juga telah dilakukan sangat cepat. Ini pelajaran yang bagus untuk kita semua ketika menghadapi bencana serupa," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024