Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti gempa di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menyebabkan ratusan rumah rusak hingga KA Turangga tujuan Bandung bertabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat mulai 1 sampai dengan 6 Januari 2024:

1. 248 rumah rusak 456 warga mengungsi imbas gempa Sumedang

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa akibat gempa di Kabupaten Sumedang di penghujung 2023 dan awal 2024, sebanyak 248 rumah rusak dan 456 warga harus mengungsi.

Berita selengkapnya klik di sini

2. BMKG sebut tsunami akibat gempa Jepang tidak berdampak ke Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut tsunami yang terjadi akibat gempa bumi dengan magnitudo 7,4 di wilayah Pantai Barat Honshu, Jepang, pada Senin siang tidak berdampak ke Indonesia.

Berita selengkapnya klik di sini

3. UNESCO terima dossier Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menyatakan bahwa berkas usulan atau dossier Reog Ponorogo sebagai Intangible cultural heritage (ICH) atau warisan budaya tak benda (WBTB) telah diterima oleh Sekretariat ICH UNESCO dan dinyatakan lengkap.

Berita selengkapnya klik di sini

4. KemenPPPA kawal proses hukum kekerasan seksual guru ngaji di Purwakarta

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA ) terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan pemerintah daerah untuk mengawal proses hukum kasus kekerasan seksual oleh guru ngaji di Purwakarta, Jawa Barat

Berita selengkapnya klik di sini

5. KA Turangga tabrakan dengan KA Lokal di Cicalengka

KA Turangga tujuan Bandung dilaporkan bertabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya di petak stasiun Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024