Hanoi (ANTARA) - Nilai ekspor durian Vietnam akan mencapai 3,5 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.525) tahun ini setelah melonjak lima kali lipat menjadi lebih dari 2 miliar dolar AS pada 2023, demikian dilaporkan oleh media lokal pada Jumat (5/1) mengutip Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Buah dan Sayuran Vietnam Dang Phuc Nguyen mengatakan bahwa ekspor durian dapat mencapai 3,5 miliar dolar AS tahun ini dengan output durian yang diperkirakan akan mencatat angka lebih tinggi serta lebih banyak area penanaman dan fasilitas pengemasan yang mendapatkan kode untuk ekspor ke China, menurut laporan dari surat kabar lokal Vietnam News.

Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam Phung Duc Tien mengatakan bahwa jika protokol ekspor durian beku ditandatangani dengan China pada 2024, ekspor durian Vietnam akan semakin meningkat.

Durian Vietnam saat ini diekspor ke delapan pasar, dengan China menyumbangkan 97 persen dari total volume ekspor tersebut.

Tahun lalu, pendapatan ekspor durian Vietnam mencapai 2,2 miliar dolar, menyumbang hampir 40 persen dari total ekspor buah dan sayuran negara itu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024