Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dia tidak mempermasalahkan pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Menteri Pertahanan sekaligus Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto jelang debat ketiga Pilpres 2024, Jumat (5/1).

Ganjar juga mengatakan bahwa dia tidak mempermasalahkan pertemuan antara Jokowi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Oh saya tidak masalah. Itu sebuah pilihan kok," kata Ganjar di kawasan Cakung, Jakarta, Sabtu.

Walaupun demikian, Ganjar mengatakan bahwa pertemuan-pertemuan yang dilakukan Jokowi sudah menunjukkan keberpihakan dalam Pilpres 2024.

"Oh, kalau buat saya pasti itu sudah menunjukkan sikap berpihak begitu ya. Kalau saya sih biasa saja. Kan memang sudah berpihak," ujarnya.

Untuk itu, Ganjar menyarankan kepada Jokowi untuk menegaskan sikap politik terkait keberpihakan dalam Pilpres 2024.

"Malah lebih baik kalau ditegaskan bahwa 'Ya, saya berpihak'," kata capres nomor urut 3 itu.

Sementara itu, Ganjar menekankan kepada Pemerintahan Jokowi untuk tidak pernah menyalahgunakan kekuasaannya dalam pelaksanaan Pilpres 2024.

"Yang penting tidak akan ada penyalahgunaan kewenangan, kekuasaan sehingga semua kan bisa fair play ya, bisa jurdil (jujur dan adil), begitu. Kalau buat saya, biasa saja," kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Baca juga: Soal Jokowi bertemu Prabowo, Timnas AMIN: itu hal biasa

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Jokowi makan malam ditemani Menhan Prabowo di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (5/1) malam.

"Malam ini, Bapak Presiden rileks sejenak mencoba masakan Nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Bapak Prabowo Subianto," kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat (5/1).

Keterangan Ari itu menjawab pertanyaan tentang foto yang beredar di kalangan wartawan, yang menunjukkan Presiden Jokowi berada di sebuah rumah makan dengan Prabowo.

Pada Sabtu pagi, Presiden Jokowi juga berolahraga dan sarapan pagi bersama dengan salah satu ketua umum partai koalisi Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto serta jajaran pengurus partai beringin di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan foto dan video yang diterima di Jakarta pada Sabtu, tampak Presiden Jokowi mengajak Airlangga berolahraga berdua menyusuri Kebun Raya Bogor, lalu keduanya juga sarapan bersama sejumlah pengurus Partai Golkar.

Dalam salah satu video tampak pula Presiden Jokowi dan Airlangga duduk berdiskusi berdua dalam sebuah jamuan teh pagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Grace Natalie sebut Jokowi-Prabowo makan malam sebagai "bestie"

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024