Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat enam ruas jalan tergenang air dan tiga pohon tumbang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jakarta Selatan pada Sabtu.
 
"Ada enam ruas jalan yang tergenang air dan tiga titik pohon tumbang di Jakarta Selatan," kata Komandan Peleton Tim Reaksi Cepat (BPBD) Jakarta Selatan, Muhammad Nur saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
 
Adapun data wilayah terdampak berada di Jalan Taman Kemang, Kecamatan Mampang Prapatan, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan, Jalan Darmawangsa Raya, Kecamatan Kebayoran Baru, Kelurahan Pulo dengan ketinggian air 10 centimeter (cm).
 
Selanjutnya Jalan Ciledug Raya, Kecamatan Kebayoran Lama, Kelurahan Cipulir ketinggian air 30 cm, Jalan Arteri Pondok Indah, Kecamatan Kebayoran Lama, Kelurahan Kebayoran lama utara ketinggian air 20 cm, Jalan BRI Radio Dalam, Kecamatan Kebayoran Baru, Kelurahan Gandaria Utara ketinggian air 40 cm dan Jalan Gandaria V, Kecamatan Jagakarsa, Kelurahan Jagakarsa ketinggian air 10 cm.
 
Selain itu, untuk tiga pohon tumbang berada di Jalan Bangka XI Pela Mampang dan dua di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Warga melintas di genangan air di kawasan Jalan Bangka, Jakarta, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.
 
Nur menambahkan BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.
 
"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ucapnya.
 
Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Selatan untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap potensi genangan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.
 
"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," ujar Nur.
Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad warga yang tenggelam di Kali Cipinang
Baca juga: Tinggi muka air di Pos Pantau Pintu Air Angke Hulu Siaga 3
Baca juga: BPBD DKI prediksi curah hujan lebat terjadi hingga 10 Januari

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024