Setelah dicek ternyata sisi kanan tidak ada saluran air,
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membangun lima sumur resapan dengan kedalaman 30 meter di Lapangan Setu Bantar Jati RT 07/RW 02, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, untuk mencegah genangan air di kawasan tersebut, Jumat.
 
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan akan menggalakkan pembuatan sumur resapan di beberapa wilayah seiring  masuknya musim hujan pada November ini.
 
"Ketika hujan deras, terjadi genangan di jalan ini. Setelah dicek ternyata sisi kanan tidak ada saluran air," ucapnya ketika meninjau lokasi pembangunan sumur resapan air.
 
Selain mengatasi genangan, kata dia, sumur resapan ini juga untuk menambah cadangan air tanah agar tidak terjadi kekeringan saat musim kemarau.
 
Sebanyak 20 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) diterjunkan dalam pembuatan sumur resapan tersebut.
 
Pemkot Jaktim telah membuat 4.000 sumur resapan di sejumlah wilayah. Terutama di lokasi yang rawan kekurangan air bersih.
 
"Pembangunan sumur resapan ini merupakan hasil kajian pakar IPB. Mungkin ini juga jadi tabungan air bersih saat kemarau," kata Anwar beberapa waktu lalu.
 
Hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat yang mengeluhkan kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.
 
"Saya belum mendengar warga meminta bantuan air bersih. Biasanya Ciracas kekeringan namun saat ini tidak," tegas Anwar.
 
Sebelumnya, Kelurahan Setu memiliki empat sumur resapan yang dibangun pada 2021. Namun, ternyata tidak mampu mengatasi genangan yang terjadi, sehingga diputuskan untuk membuat lima sumur resapan lagi.
 
Untuk percepatan pembangunan lima sumur resapan ini, Kelurahan Setu bersinergi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur.
 
"Kita akan kolaborasi dengan Satgas SDA untuk mempercepat pembangunan. Targetnya pekan depan bisa rampung seluruhnya," tuturnya.
Baca juga: Dinas SDA diingatkan agar antisipasi banjir saat musim hujan
Baca juga: BMKG: Jakarta Selatan diperkirakan hujan pada Jumat siang hingga malam
Baca juga: Pemkab Bekasi angkut sampah di tepi Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023