Jakarta (ANTARA) - Garuda Baseball Softball Klub (Garuda), sebuah perkumpulan baseball-softball yang telah berdiri sejak tahun 1993, berkomitmen untuk meningkatkan popularitas olahraga baseball softball di Indonesia dengan menggelar road show ke sekolah-sekolah.

Dilansir dari keterangan resmi, Sabtu, Plt. Ketua Umum Garuda Baseball Softball Klub Ihsan Trihendra menegaskan komitmen Garuda dalam mengembangkan minat masyarakat terhadap olahraga baseball softball sangat tinggi dan di tahun 2024 ini, akan menjadi fokus utama dari perkumpulan.

"Pada tahun 2024, Garuda bertekad untuk merangkul lebih banyak kalangan dalam mendukung pertumbuhan baseball dan softball di Indonesia sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi baseball dan softball Indonesia. Meskipun olahraga ini telah cukup populer dan memiliki komunitas yang setia, kami percaya bahwa masih banyak ruang untuk pertumbuhan dan pengembangan yang lebih luas," ujar Ihsan Trihendra.

Sekretaris Jenderal Garuda Irsyad Prawiradilaga mengatakan bahwa salah satu aspek menarik dari baseball dan softball adalah kesesuaiannya untuk semua usia. Menurutnya, olahraga baseball dan softball dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

"Kami di Garuda percaya bahwa memulai sejak usia dini memberikan kesempatan yang lebih baik bagi para pemain untuk berkembang dalam olahraga ini," tambah Sekretaris Jenderal Garuda.

Garuda telah memprioritaskan program pelatihan yang komprehensif, dimulai dari usia 4 tahun hingga dewasa. Tak hanya itu, perkumpulan ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk turut serta dalam kegiatan latihan. Untuk mencapai komitmen tersebut, Perkumpulan yang berkegiatan setiap akhir pekan di Gelora Bung Karno Jakarta ini, berencana untuk memperkenalkan baseball dan softball ke berbagai sekolah di Jakarta melalui kegiatan road show yang menarik.

"Kami akan mengunjungi sekolah-sekolah di Jakarta sebagai bagian dari langkah kami untuk lebih mendekatkan baseball dan softball kepada anak-anak dan remaja," ungkap Irsyad Prawiradilaga.

"Kami percaya bahwa dengan memperkenalkan olahraga ini di lingkungan pendidikan, kami dapat menumbuhkan minat yang lebih besar di kalangan generasi muda."

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan minat anak-anak dalam olahraga ini, Garuda Baseball Softball klub juga berencana untuk menggelar turnamen baseball dan softball khusus untuk anak-anak. Turnamen ini tidak hanya akan memberikan pengalaman berharga tetapi juga kesempatan bagi anak-anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam kompetisi yang mendukung pertumbuhan mereka dalam olahraga ini.

Visi Garuda Baseball Softball Club adalah membina karakter anak Indonesia untuk menjadi pribadi yang tangguh dan berkarakter serta siap menghadapi tantangan sehingga dapat memberikan karya yang terbaik bagi Indonesia. Garuda berkomitmen untuk tidak hanya mengembangkan atlet yang kompeten tetapi juga individu yang memiliki karakter kuat, integritas, dan semangat untuk berprestasi.

Baca juga: Komunitas Baseball apresiasi Manajemen GBK bina atlet usia dini
Baca juga: Menpora Dito lepas tim baseball putri untuk kejuaraan Asia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024