Jakarta (ANTARA) - Tim sofbol putra Garuda dan tim putri Baladewa mengunci gelar Liga Sofbol Indonesia 2023 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) Softball Stadium, Senayan, Jakarta.

Dilansir dari keterangan resmi, Senin, pertandingan final putri berlangsung sengit antara tim Garuda melawan Baladewa dengan skor akhir 3-1 untuk Baladewa. Sementara di kategori putra, dimenangkan oleh Garuda setelah mengalahkan Mohicans dengan skor 4-0.

“Meski melalui perjuangan yang keras, sejak awal kami optimis bisa bawa pulang medali” kata manajer tim Garuda Iman Hanggautomo.

Dondi Apriliandi, pelatih kepala Baladewa putri tidak menduga semangat timnya masih tinggi meski jadwal pertandingan yang padat .

“Tidak menduga, tapi tetap kita gunakan momentum ini untuk motivasi di Seri 2, di Banten nanti setelah pemilu, Baladewa jadi tuan rumah” ucap Dondi yang juga mantan pemain nasional sofbol.

Liga Sofbol Indonesia 2023 mampu menyedot antusiasme mulai dari kalangan komunitas, masyarakat umum hingga keluarga yang meramaikan.

“Kami yang paling senang, dan enggak menyangka dari penonton dan komunitas rame banget sampai malam dari hari Jumat kemarin,” ucap Poppy Femia, Ketua Panitia LSI 2023 Poppy Femia.

Ketua Pembina LSI 2023 Gudadi merasa bahwa seri liga - liga yang direncanakan hingga tahun depan juga merupakan pencarian bibit pitcher dan pemain sofbol yang sesuai dengan indikator internasional.

“Kami senang sekali karena setelah bertahun-tahun, tidak menyangka LSI 2023 ramai, dari segi manajerial semuanya baik, mungkin nanti alur penonton dan beberapa hal teknis akan kita tingkatkan, dan awal tahun depan rencananya kita mau umumkan jadwal seri kedua. Kami semua berharap semakin banyak masyarakat yang bermain sofbol dan harapannya dari meningkatnya animo, semakin meningkat juga jumlah pemain berpotensial yang dapat kami bina untuk Olimpiade,” ungkap Gudadi.

Kelanjutan LSI akan dilanjutkan kembali hingga empat seri ke depan di tahun 2024. Rencananya, beberapa seri akan diselenggarakan di luar Jakarta. Seri kedua akan diadakan di Banten, Seri ketiga akan kembali digelar di GBK, dan Seri keempat akan diselenggarakan di Bandung. Terakhir, Seri kelima akan diadakan di Surabaya.

Hasil akhir LSI 2023

- Kategori Putra
Juara 1 : Garuda
Juara 2 : Mohicans
Juara 3 : Rubberducks

- Kategori Putri
Juara 1 : Baladewa
Juara 2 : Garuda
Juara 3 : Jabar Sapa Cafe

Baca juga: Liga Softball Indonesia jadi ajang persiapan menuju Olimpiade 2028
Baca juga: KONI harapkan LSI mampu sedot antusiasme masyarakat

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023